Siaran Radio Di Banjarnegara, Sat Lantas Polres Banjarnegara Sosialisasikan E-Tilang

Tribratanews.polri.go.id – Polres Banjarnegara, Bripka Sutoyo, SH bersama Brigadir Rachmat R., SH., anggota Sat Lantas Polres Banjarnegara melakukan siaran di Radio Suara Banjarnegara FM, Kamis (6/4/2017).

Dalam siaran tersebut, secara bergantian Bripka Sutoyo dan Brigadir Rachmat menjelaskan tentang sistem e-tilang atau elektronik tilang yang mana sistem tersebut bertujuan untuk memudahkan petugas Polri saat memberi tilang kepada pelanggar.

Dengan e-tilang, petugas tinggal memasukkan data pelanggaran yang dilakukan pengendara pada sebuah aplikasi tabel elekronik. Data pelanggaran antara lain bentuk pelanggaran dan pasal yang dikenakan.

Tidak lama kemudian akan muncul nominal denda yang harus dibayar pelanggar sesuai bentuk pelanggarannya atau dengan kata lain pelanggar langsung sidang di tempat dan tidak harus menghadiri sidang di pengadilan.

Selain itu, pada tabel juga akan tertera nomor Briva yang nantinya digunakan untuk syarat pembayaran melalui Bank BRI maupun ATM.

Kemudian jika sudah membayar denda, maka barang bukti yang disita oleh petugas saat dilakukan tilang akan diserahkan kepada pelanggar. Dengan syarat, pelanggar wajib menyerahkan bukti pembayaran denda kepada petugas sebagai bukti bahwa pelanggar sudah memenuhi prosedur e-tilang.

“Sebelum melakukan penilangan kami menjelaskan kepada pelanggar tentang dasar hukum dan ketentuan e-tilang terlebih dahulu. Setelah itu, pelanggar bisa langsung membayar denda, boleh melalui ATM yang kami sediakan atau bank terdekat.”, jelas Bripka Sutoyo.

Kasat Lantas Polres Banjarnegara, AKP Ben Aras, S.Sos, MH melalui Brigadir Rahmat menyampaikan bahwa penerapan sistem e-tilang ini juga sebagai upaya edukasi kepada masyarakat terkait penegakan hukum serta sosialisasi ketertiban berlalu lintas demi keselamatan pengendara sendiri.

Penulis : Humas Polres Banjarnegara
Editor : Umi Fadillah
Publish : Asri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password