Cegah Penyalahgunaan Dana Desa, Kasat Binmas Polres Banggai Beri Penyuluhan Hukum Tipikor

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng / Polres Banggai,  Kasat Binmas Polres Banggai AKP Zaenudin melakukan penyuluhan tentang hukum tindak pidana korupsi (tipikor) bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Banggai, Dinas Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Banggai, dan pemerintah Kecamatan, di kantor Camat Pagimana, Kamis (6/4/2017). Kegiatan penyuluhan itu dihadiri Pemerintah Desa (Pemdes) se-Kecamatan Pagimana.

Kasat Binmas mengatakan, kegiatan penyuluhan aturan hukum tipikor ini merupakan salah satu kegiatan Binmas Polres Banggai. Materi yang disampaikan dalam penyuluhan itu, yakni aturan tipikor, penjelasan pasal-pasal yang menyangkut tipikor, serta ancaman atau sanksi hukum pelaku tipikor.

“Tujuannya agar para pengguna Anggaran Dana Desa (ADD), bisa lebih berhati-hari dalam menggunakan nya. Sehingga nantinya tak ada penyalahgunaan. Intinya, pencegahan yang kita harus bisa utamakan,” ucap Kasat saat ditemui awak media.

Dikegiatan itu juga, Lanjut Kasat, disampaikan tentang kamtibmas serta giat bhabinkamtibmas. Agar bisa dimasukkan dalam anggaran dana desa.  “Dan hal ini disetujui. Bahwa giat-giat bhabinkamtibnas seperti yang diusulkan, bisa diakomodir dalam dana desa,” tambah Kasat.

Kasat mungungkapkan, Dalam kegiatan penyuluhan hukum tipikor itu, beberapa Desa di Kecamatan Pagimana mengajukan pengisian personil Bhabinkamtibmas di desa mereka.

“Memang masih banyak desa yang belum ada personil bhabinkamtibnasnya. Namun, Permintaan itu akan kita tampung, dan diteruskan ke Kapolres. Jika bisa, para Kepala Desa juga menyurat resmi untuk meminta hal ini,” Sarannya.

Penulis   : Khaerudin

Editor     : Umi Fadilah

Publish   : Khaerudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password