Polres Banyumas Rilis Pelaku Pencurian Spesialis Rumah Kosong

Tribratanews.polri.go.id, Polres Banyumas – Kamis 6 April 2017, Polres Banyumas, Polda Jawa Tengah menggelar press release yang dipimpin oleh Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum terkait dengan curat di Kelurahan Sumampir Kecamatan Purwokerto Utara November 2016 lalu.

Kapolres Banyumas mengatakan adalah tersangka DZ dan tersangka BEWI (DPO) yang melakukan pencurian dengan cara masuk ke dalam rumah kosong di Perum Griya Satria Indah Blok P23 melalui jendela rumah yang tidak terkunci. Selanjutnya tersangka DZ langsung mengambil barang milik korban sedangkan tersangka BEWI berperan mengawasi situasi disekitar lokasi.

“Jadi, sehari sebelumnya para tersangka ini sudah mencari sasaran rumah yang selanjutnya akan dijadikan target pencurian. Mereka menemukan target rumah milik korban Agusta Ratna Pramadany di Perum Griya Satria Indah Blok P23 Sumampir, Kecamatan Purwokerto Utara ini selanjutnya para tersangka berpura-pura kost di rumah korban. Dan ketika rumah korban dalam keadaan kosong, para tersangka ini langsung melancarkan aksinya.”, jelas AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum.

WhatsApp Image 2017-04-06 at 15.47.21

Dari tangan tersangka DZ yang berperan sebagai eksekutor dan RL sebagai penadah hasil curian, Satuan Reskrim Polres Banyumas berhasil mengamankan barang bukti berupa satu unit mobil Xenia warna putih Nopol E-999-YZ yang digunakan sarana oleh tersangka, satu unit mobil Daihatsu Agya warna abu-abu metalik Nopol terpasang D-1507-PV, satu buah handphone Tab merk Evercross warna putih, satu buah tabung gas lpg 3kg, satu unit spm honda Kharisma Nopol D-4297-CS, satu buah televisi 24 inch merk Toshiba, satu unit speaker aktif, satu buah mesin motor Yamaha Vega dan satu buah kipas angin.

Kapolres menambahkan, dari hasil pengembangan sementara yang dilakukan oleh Sat Reskrim Polres Banyumas didapati dua TKP lain yang berada di wilayah Banyumas dan ada tiga TKP lain diluar Banyumas.

“Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, para tersangka dikenakan pasal 363 ayat (1) ke-4e, dan 5e KUHP dengan ancaman 7 (tujuh) tahun penjara.”, ucap Kapolres.

Mensikapi kejadian ini, Kasat Reskrim Polres Banyumas AKP Djunaidi SH menghimbau agar meminta identitas orang asing yang akan kost, beri kunci tambahan pada pintu dan jendela rumah (tralis) untuk meminimalisir pelaku tindak pidana masuk. Pastikan pintu, jendela, gerbang dalam keadaan terkunci bila akan meninggalkan rumah.

Penulis : Barkah Bangkit

Editor : Umi Fadilah

Publish : Frismi Zusyi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password