Babinkamtibmas Gandekan Jebres Surakarta Mediasi Kasus Pencurian Yang di Lakukan Oleh Anak-Anak

IMG-20170406-WA0106

Tribratanews.polri.go.id. Polresta Surakarta. Bhabinkamtibmas sesuai fungsi dan peranya sebagai ujung tombak polri yang ada di masyarakat lingkup kelurahan harus peka pada setiap permasalahan yg ada di masyarakat, begitu juga halnya dengan Bhabinkamtibmas Kel Gandekan Aiptu Hendro Sukoco pada hari Kamis, 06 April 2017 21.30 Wib menyelesaikan masalah yang melibatkan warganya yaitu perihal anak – anak yg mengambil burung milik tetangganya sendiri.
Adapun anak-anak tersebut adalah :
1. A M S, Kp, Butuh Rt 5 Rw 3 Gandekan Jebres.
2. An. R T S. Kp. Butuh Rt 2 Rw 3 Gandekan.
3. A. Kp. Karangasem Rt 4 Rw 2 Gandekan.
Adapun awal kejadianya adalah Selasa tanggal 04 April 2017 sekitar
Pukul 16.00 selesai bermain play station, ketiganya berencana pulang kerumah, tetapi dalam perjalanan
Ketiganya mengambil burung labet yg ada
dalam sangkar milik Ibu Tarwi yg masih tetangga.
Saat mengambil burung tersebut ketahuan pemiliknya kemudian dilaporkan kepada orang tuanya masing-masing dan kepada Bhabinkamtimas Kel Gandekan.
Setelah mendapat laporan tersebut Bhabinkamtibmas menyelesaikan dg cara memediasi antara pelapor, tersangka dan orang tuanya yangg disaksikan Ketua Rt dan Rw setempat. Mediasi dan penyelesaian secara kekeluargaan tersebut dikedepankan mengingat kepentingan bahwa pelaku masih anak-anak yang memiliki masa depan sebagai generasi penerus. Dan niatan mencuri ini dianggap iseng oleh anak yg bersangkutan. Karena anak yang berhadapan dengan hukum itu sebenarnya mereka adalah korban yg membutuhkan perhatian dari masyarakat dan keluarga, selain itu menghukum seorang anak adalah merupakan jalan terakhir. Pertimbangan lain adalah bahwa pelaku telah menyadari kesalahanya yg telah mengambil / mencuri burung ( barang) milik org lain adalah salah yang dapat dihukum sehingga yang bersangkutan telah meminta maaf kepada pemilik ( korban) dan berjanji tidak akan mengulanginya. Selanjutnya korban telah menerima permohonan maaf dari pelaku dan bersedia memaafkanya.
Atas dasar kesepakatan tersebut diatas Bhabinkamtibmas Kel Gandekan Aiptu Hendro Sukoco bersama tokoh masyarakat yang lain mempertemukan kedua belah pihak yaitu antara pelaku dan korban di kantor Kelurahan Gandekan , dan pertemuan tersebut di tuangkan dalam surat kesepakatan bersama ( SKB) yang ditandatangani kedua pihak dan tokoh masyarakat serta Bhabinkamtibmas hingga dan permasalahan ini selesai dalam suasana kedamaian dan kekeluargaan.
Penulis : Lilik Jebres
Editor   : Umi Fadilah
Publish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password