Untuk Meningkatkan Kemampuan, Polisi Lampung Barat Latih Sat Pol PP

Tribratanews.polri.go.id-Polres Lampung Barat. Kepolisian dari Satuan Samapta Bhayangkara Polres Lampung Barat sebanyak 14 personil melatih anggota Satuan Polisi Pamong Praja di Kabupaten Pesisir Barat sebanyak 230 personel di mulai dari Rabu 05 s/d 12 April 2017, latihan dilaksanan di Lapangan Labuhan Jukung kabupaten Pesisir Tengah. Materi yang diberikan dalam pelatihan adalah pergerakan dasar seperti Peraturan Baris Berbaris, dan penanganan unjuk rasa serta gerakan-gerakan dasar lainnya.

11

Kasat sabhara Iptu Yoni mendampingi Kapolres Lampung Barat AKBP Andy Kemala, S.Ik.,M.M, melalui Kaur Bin Ops sabhara Ipda Suherman mengatakan, Latihan ini dilaksanakan sebagai pengetahuan dasar Satuan polisi Pamong Praja Kabupaten Pesisir Barat dan sebagai latihan dalam menghadapi ketika masyarakat anarkis dalam menyampaikan pendapat di muka umum. Walaupun, dari Kepolisianlah yang mengamankan kegiatan unjuk rasa tersebut.

“Kami melatih pengetahuan dasar dari PBB, dan dasar penanganan unjuk rasa, karena tugas dan tanggungjawan Sat Pol PP untuk mengawal kebijakan Pemda atau Perda Kabupaten pesisir barat. Apabila terjadi gejolak atau ketidakpuasan masyarakat terhadap kebijakan tersebut, maka Sat Pol PP adalah garda terdepan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya unjuk rasa yang anarkis. Materi yang diberikan adalah pengetahuan dasar. Pada hari pertama pelatihan, mereka terlihat antusias Tapi tetap semangat dalam menyerap ilmu.

12

Selain dari latihan praktik, kami juga memberikan teori terkait gerakan PBB, pengendalian massa, dan kekompakan pergerakan setiap anggota untuk terwujudnya kedisiplinan dan ketangkasan. Latihan dihari kedua ini kami bagi menjadi empat kelompok dimana setiap kelompok dilatih oleh anggota polres Lambar sebanyak tiga hingga empat personel.

Kasat Pol PP Kabupaten Pesisir Barat Azhari berharap, akan bersinergi dengan Kepolisian dalam mengamankan kebijakan Peraturan Daerah. Sebagai pelatih anggota Polres Lampung Barat dari sat sabhara yaitu yang dipimpin oleh KBO Sat Sabhara Ipda Suherman, S.H.

Penulis         : Edi Susanto

Editor           : Umi Fadilah

Publish         : Edi Susanto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password