Jambore PKK Tingkat Kota Jambi Berlangsung Sukses

Tribratanews.polri.go.id – Polresta Jambi. Kontribusi Tim Penggerak PKK Kota Jambi di bawah pimpinan Hj. Yuliana Fasha, SE, M.Si.Ak dalam pembangunan keluarga di Kota Jambi tampak jelas. Selain berdampak pada kegiatan PKK secara khusus, PKK juga semakin menguatkan perannya ditengah-tengah masyarakat.

IMG-20170406-WA0115

Sebagai upaya kolaborasi, silaturrahmi, sekaligus memberikan apresiasi kepada pejuang pemberdayaan keluarga yang berada di tingkat kelurahan dan kecamatan itu, TP-PKK KotaJambi menyelenggarakan Jambore PKK Tingkat Kota Jambi Tahun 2017.

Jambore PKK tingkat Kota Jambi itu setiap tahunnya juga selalu membawa nuansa yang berbeda. Seperti pada tahun lalu, Jambore PKK diselenggarakan di Taman Hutan Kota M. Sabki dan Kantor Wali Kota Jambi. Pada tahun ini, kegiatan tersebut dipusatkan di Taman Arena Remaja Kotabaru.

Agenda tahunan ibu-ibu PKK itu dibuka secara resmi oleh Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha yang juga sebagai Ketua Dewan Pembinan TP-PKK Kota Jambi, Kamis (6/4).

Dalam arahannya Wali Kota Jambi Syarif Fasha menyampaikan apresiasinya atas peran dan kreatifitas PKK sebagai mitra pemerintah dalam ikut mendukung pemerintah melaksanakan pembangunan, khususnya di bidang pemberdayaan kesejahteraan masyarakat yang dimulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga.

Fasha berharap, PKK sebagai organisasi yang berhubungan langsung dengan keluarga, harus memiliki andil yang sangat besar dalam membina dan memaksimalkan anggota keluarga melalui para kadernya. Karena keluarga merupakan pondasi awal dan modal dasar pembangunan, serta sebagai lingkungan sosial pertama dalam kehidupan manusia.

“Dari keluargalah diharapkan dapat lahir generasi penerus bangsa yang dapat meneruskan tongkat estafet pembangunan khususnya di Kota Jambi. Seperti halnya dalam sebuah keluarga, peran seorang ibu itu sangatlah dominan dan penting, begitu juga dengan peran TP-PKK Kota Jambi,” ujarnya.

Melalui pelaksanaan Jambore PKK ini juga, Wali Kota Fasha berharap para kader dan pengurus dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan, motivasi dan peran serta Tim dan kader Penggerak PKK dalam pemberdayaan dan Pembinaan masyarakat ke depan. “Saya berpesan kepada seluruh kader PKK dan peserta jambore, agar kegiatan ini dapat dijadikan wadah memupuk kebersamaan dan ajang silaturahmi, saling berbagi pengalaman sekaligus sebagai ajang meningkatkan kemampuan yang ada pada setiap kader,” harap Fasha.

Sebelumnya, Ketua TP-PKK Kota Jambi, Hj. Yuliana Fasha mengatakan bahwa, kader PKK se-Kota Jambi siap menjadi motor penggerak dan motivator pembangunan di tengah-tengah keluarga. Yuliana juga berharap agar kader PKK dapat menyampaikan pesan pembangunan serta menggerakkan keluarga agar melaksanakan 10 Program Pokok PKK. Karena 10 Program Pokok PKK berisi kegiatan yang bermanfaat dan bersentuhan langsung dengan pemberdayaan ekonomi dan karakter keluarga.”Jambore PKK adalah ajang silaturahmi antar kader se-Kota Jambi, selain untuk menambahkan wawasan dan persahabatan diantara kader, kegiatan ini juga bertujuan untuk menilai sejauh mana hasil kerja dan pembinaan sekretariat dan Pokja-Pokja PKK selama ini, yang akan kita persiapkan untuk mewakili Kota Jambi pada ajang Jambore Tingkat Provinsi dan Nasional,” ujarnya.

Dirinya juga berharap semangat kebersamaan para kader serta pengurus PKK baik tingkat kota, kecamatan maupun kelurahan dapat terus terjalin dan diharapkan dapat terus berperan aktif dalam mendukung pembangunan di Kota Jambi.

Kegaiatan yang mengusung tema “Jambore Kader PKK sebagai Wadah Pemersatu, Perekat Kesetiakawanan itu berjalan suskes dan meriah. Peserta Jambore PKK yang berasal dari seluruh pengurus dan kader TP PKK 11 Kecamatan yang ada di Kota Jambi, menyuguhkan penampilan yang menarik dan apik. Ada 15 jenis lomba yang di perlombakan selama 2 hari pada kegiatan tersebut. Dimulai dari lomba defile, senam, pidato, cerdas cermat, penyuluhan, permainan tradisional, lomba masak, hingga lomba penyelenggaraan jenazah pun ikut dilombakan.

Turut hadir pada acara pembukaan Jambore PKK Kota Jambi tersebut, unsur Forkompimda Kota Jambi, Sekda H. Daru Pratomo, para Asisten Sekda, Kepala SKPD, Ibu Persit Dandim 0415/BTH, Ibu Bhayangkari Polresta Jambi, Dharma Wanita Persatuan Kota Jambi, serta seluruh Camat dan Lurah dilingkup pemerintahan Kota Jambi.*

Editor: Umi Fadilah

Publish: Alam / Veri

Sumber: Humas Pemkot Jambi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password