Bahagianya para Petani saat Panen Raya

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Bulan April ini merupakan bulan bahagia bagi para petani. Bagaimana tidak, pada bulan inilah para petani merayakan hasil panen padi yang mereka tanam selama kurang lebih 3 hingga 4 bulan lamanya. Masa panen padi bukan berarti tidak ada kerawanan. Perselisihan bagi hasil, pencurian gabah padi dan lain-lain merupakan sedikit dari kerawanan yang muncul pada masa ini.

Oleh karena itulah Bripka Siswanto, Bhabinkamtibmas Polsek Karangan Polres Trenggalek melaksanakan sambang desa dengan sasaran area persawahan yang sedang panen raya.

Saat patroli sambang desa itulah, Bripka Siswanto melihat seorang kakek di sebuah pematang sawah yang terlihat kesulitan menaikkan jerami sisa panen ke atas sepeda kayuhnya. Wajah sang kakek tampak lusuh berbasuh berkeringat menahan sinar matahari.

Mengetahui hal tersebut, Bripka Siswanto bergegas turun dari mobil patroli menghampiri sang kakek.

Sugeng siang mbah, monggo kulo rencangi (selamat siang mbah, mari saya bantu)” sapa Bripka Siswanto yang disambut senyuman sumringah sang kakek.

Kagem nopo niki mbah (untuk apa ini mbah)” tanya Bripka Siswanto.

Sang kakek pun menjelaskan bahwa jerami sisa panen tersebut akan dibawa pulang sebagai pakan sapi di rumahnya. Menurutnya sapi peliharaannya sangat suka dengan jerami yang masih segar.

Setelah berdialog sesaat, jerami pun sudah berada di atas sepeda kayuh sang kakek. Setelah dipastikan terikat kuat, sang kakek pun berpamitan setelah sebelumnya mengucapkan terima kasih kepada Bripka Siswanto.

Penulis : Ady

Editor : Umi Fadilah

Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password