Kompol Dr. Azwar, S.Sos, M.Si, M.H. : Jangan Angap Enteng Pengisian SPT Pajak Tahunan

Tribratanews.polri.go.id – Polres Inhil

Pada hari ini, Kamis, 6 April 2017, pukul 08.45 WIB, di Ruang Tri Brata Polres Inhil, Jalan Gajah Mada No. 2 Tembilahan, telah dilaksanakan Sosialisasi Penyampaian SPT Wajib Pajak Orang Pribadi Tahun Pajak 2016 melalui e – filing. Sebagai Nara sumber adalah Kepala KP2KP Tembilahan, Freddy Leonardo Pangaribuan, S.E, M.F.B.E, dan didampingi oleh Waka Polres Inhil KOMPOL Dr. Azwar, S.Sos, M.Si, M.H. Hadir dalam kegiatan ini, seluruh Paurmin Bag, Sat dan Si Polres Inhil serta Para Kasium Polsek se jajaran Polres Inhil.

Dalam pembukaan sosialisasi, Waka Polres menyampaikan sambutan bahwa SPT ini, jangan dianggap enteng. Adalah kewajiban setiap anggota Polri untuk melaporkan penghasilan yang diperolehnya. Kita sebagai aparatur negara, cukup beruntung, karena tugas kita hanya melaporkan, sedang pajak penghasilannya sendiri, sudah dibayarkan oleh negara. Harta dan penghasilan lain yang kita peroleh selama 1 tahun, juga harus dilaporkan, sebagai bukti kepatuhan, tanda kita adalah warga negara yang taat hukum dan taat peraturan.

20170406085311_IMG_4908Kemudian Freddy Leonardo Pangaribuan, S.E, M.F.B.E, sebagai nara sumber mengatakan bahwa SPT adalah hajat nasional bagi Direktorat Jendral Pajak. Setiap Warga Negara Indonesia yang punya penghasilan, wajib punya NPWP. Siklusnya adalah Hitung, Bayar dan Lapor. Batas akhir adalah 31 Maret 2017, tapi masih diberi kelonggaran sampai tanggal 1 April 2017. Selain hal tersebut, berdasarkan keputusan Menpan RB No. 8 / 2015, setiap Aparatur Sipil Negara, TNI dan Polri, diwajibkan lapor secara E – Filing.

20170406085422_IMG_4912Konsep dari pajak penghasilan adalah segala penghasilan yang diperoleh dari Pekerjaan (Gaji, Bonus, Honor, Tunjangan, Insentif, Komisi, Uang Pensiun), Hadiah, Laba Usaha, Keuntungan karena penjualan harta,Bunga di luar Bank, Royalti dan Tambahan kekayaan neto yang berasal penghasilan yang belum dikenakan PPH. Nara sumber menyarankan, sebaiknya suami istri yang punya penghasilan sendiri, hanya memakai satu NPWP Kepala Keluarga.

Dalam slide paparan yang disajikan oleh nara sumber, juga dibahas cara pengisian E – Filing dan E – Form. Untuk pengisian tersebut, email wajib pajak harus valid, karena notifikasi akan dikirim lewat email. Selain itu juga diingatkan agar PINnya hanya diketahui diri pribadi, karena bisa jadi masalah, bila akun kita bisa diakses orang lain dan mengisikan data orang lain ke data pribadi kita.

Sebagai penutup kegiatan, Waka Polres Inhil Kompol Dr. Azwar, S,Sos, M.Si, M.H, berharap “Sosialisasi ini, dapat memberi pencerahan kepada pemangku urusan administrasi di Bag, Sat, Si dan Polsek dalam jajaran Polres Inhil, dan bisa diteruskan kepada Personel lain, ditempatnya bertugas” ucapnya.

 

Penulis   : Heriman Putra

Editor     : Umi Fadilah

Publish   : Heriman Putra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password