Kedepankan Upaya Dialogis, Polisi Mediasi Permasalahan Antara Perusahaan dan Masyarakat

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jambi, Selasa 4/4/2017 sekira pukul 09.00 wib bertempat di Abadi Hotel digelar FGD (Forum General Discusion ) penyelasaian permasalahan tentang Konflik Tenurial di Kawasan Hutan kec. Mandiangin antara PT. AAS ( Agronusa Alam Sejahtera ) dengan masyarakat Dusun Sialang Batuah Desa Guruh Baru Kec. Mandiangin Kab. Sarolangun.

Adapun hasil dari pelaksanaan Forum General Discusion penyelesaian permasalahan tentang Konflik Tenurial d Kawasan Hutan kec. Mandiangin antara PT. AAS ( Agronusa Alam Sejahtera ) dengan masyarakat Dusun Sialang Batuah Desa Guruh Baru adalah pembuatan Nota Kesepahaman antara kedua belah pihak yang berkonflik yang berisikan Para pihak sepakat menyelesaikan permasalahan Konflik secara Dialogis sesuai dengan mekanisme yang ada di Kementrian LHK yaitu Permen LHK No. 83 tahun 2016 tentang perhutanan Sosial secara Partisipatif, Para pihak sepakat saling menghargai dan menjaga Situasi kondusif dan saling percaya, Melakukan tindak lanjut secara bersama dengan merujuk pada dokumen perusahaan dan dokumen yang di miliki oleh masyarakat,

Proses penyelesaian Konflik kedepan akan di Fasilitasi oleh Kementrian LHK Dirjen PSKL dan di bantu oleh Dinas Kehutanan Prov. Jambi dan Aparat pemerintah Kab. Sarolangun, serta Pembiayaan yang muncul akibat dari kegiatan bersama ini di tanggung secara bersama oleh semua pihak yang terlibat.

Kapolres Sarolangun AKBP Budiman BP,SH,S.IK,MH melalui Waka Polres Kompol Ricky Hardyanto SH,S.IK,MH saat dikonfirmasi menyampaikan adapun Mekanisme penyelesain Konflik secara Dialogis yaitu Permen No.83/MENLHK/SETJEN/KUM.1/10/2016 Pasal 40 Pengelola Hutan atau pemegang ijin wajib melaksanakan pemberdayaan masyarakat setempat serta Keduabelah pihak di harapkan dapat mengedepankan Timdu Kab. Sarolangun dalam penyelesaian Konflik tersebut dengan memberikan informasi apabila terjadi hal-hal yang dapat menggangu Kamtibmas selama proses penyelesaian. Pungkas Waka Polres.

Diharapkan dengan digelarnya FGD ini kedepannya kedua belah pihak yang berkonflik saling menghormati Nota Kesepahaman yang telah dibuat dan disepakati bersama

Penulis : Andri

Editor : Umi Fadila

Publish : Indra Gunawan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password