Peran Humas Polri sebagai Penyeimbang dan Pemberi Informasi Aktual bagi Masyarakat

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Demi meningkatkan kemampuan dan skill personel Polri bidang publikasi dan media sosial, Subbaghumas Polres Trenggalek menggelar pelatihan jurnalistik, media sosial dan counter opini yang diikuti oleh Kasihumas beserta operator Polsek jajaran, Rabu (05/04).

Pelatihan yang mengambil tempat di Rupatama Polres Trenggalek itu dibuka langsung olek Kabagops Polres Trenggalek, Kompol Mukalam, SH didampingi oleh Kasubbaghumas, Iptu Supadi, SH.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Trenggalek, Hamzah Abdilah, ST, SH, MH, yang didapuk sebagai pemateri komunikasi media dan etika jurnalistik menuturkan, era digitalisasi saat ini menuntut informasi yang cepat. Semua bisa dilakukan melalui sarana online yang ada. Polisi tidak boleh tertinggal baik dalam mencari informasi maupun menyebarkan informasi.

“Polisi harus bisa nulis. Meskipun sederhana, informasi dari Polisi memiliki arti yang penting di masyarakat. Harus sering membaca dan belajar menuangkan pikiran dalam bentuk tulisan yang bernilai informasi” ujar Hamzah.

Masih kata Hamzah, profesi wartawan adalah profesi yang paling dekat dengan Polisi. Setiap kejadian, peristiwa, informasi sebagian besar narasumbernya berasal dari Polisi.

“Jangan takut kalau ketemu wartawan. Sampaikan fakta dan data sesuai tataran kewenangan masing-masing” tambahnya.

Sementara itu, Titin Ratna, seorang wartawan senior Jawa Pos Grup memberikan kiat-kiat cara mudah menulis berita. Ada perbedaan mendasar antara karya jurnalistik dengan laporan Kepolisian. Oleh karenanya bahasa yang ditulis haruslah bahasa yang mudah diterima semua kalangan.

“Tidak semua orang bisa menulis, tapi dengan kesungguhan dan kemauan belajar tidak ada yang tak mungkin” ujarnya di hadapan peserta pelatihan.

Diakhir sesi pelatihan, Aiptu Adi dan Bripka Handoko, yang merupakan anggota Tim Publikasi Polres Trenggalek membimbing  peserta dari proses pembuatan narasi yang sudah jadi hingga upload ke dalam web dan publish melalui medsos resmi yang telah disediakan.

Dihubungi terpisah, Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Aditywarman, S.I.K, M.Si menerangkan, keberadaan Humas saat ini  sangat vital dalam rangka membentuk dan mengkonter opini yang berkembang pesat melalui media sosial.

“Humas Polri harus tampil dan mampu berperan sebagai penyeimbang dan menginformasikan kepada khalayak luas tentang berbagai hal  yang dapat diarahkan pada proses mewujudkan Kamtibmas kondusif namun masih dalam koridor kode etik jurnalistik” tegas AKBP Donny.

Penulis : Ady

Editor : Umi Fadilah

Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password