Pertahankan “Status Quo TKP”, Ini yang Dilakukan Polisi

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumsel / Polres Lubuklinggau, Untuk meminimalisir korban laka lantas meninggal dunia atau luka yang diderita semakin parah akibat tidak ada pertolongan pertama pada korban, Satuan Lalulintas menggandeng Urdokes Polres Lubuklinghau menggelar pelatihan PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat) yang dilaksanakan Rabu (5/4) kemarin di halaman Mapolres Lubuklinghau.

Pelatihan ini diikuti dari komunitas pencinta lalu lintas, bintara remaja dan personil satuan lalu lintas Polres Lubuklinggau. Sebagai Pemateri pelatihan Paur Dokkes Polres Lubuklinggau Andi Bahamada (PNS Polri) serta tim Laka Lantas Polres Lubuklinggau.

WhatsApp Image 2017-04-05 at 23.21.15

Pada pelatihan ini peserta diajarkan bagaimana teknik serta cara penanganan pertama terhadap korban laka dengan tidak merusak atau merubah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Jika TKP rusak, tentunya akan menyulitkan petugas untuk mengolah dan mencari petunjuk, data maupun informasi dari TKP itu sendiri. Apalagi TKP-nya di badan jalan, kebiasaan masyarakat sesegera mungkin menyingkirkan korban dan barang bukti tanpa mengidahkan Status Quo TKP, dan tidak mengindahkan luka yang diderita korban sehingga memperburuk keadaan dan luka yang dideritanya.

“Melalui pelatihan ini, diharapkan masyarakat mengetahui cara penanganan korban di TKP tanpa harus merusak TKP itu sendiri dan yang paling penting dapat dengan segera memberikan pertolongan untuk menyelamatkan korban,” ujar Andi.

Penulis : Ermi

Editor.  : Umi Fadila

Publish : Yulius

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password