Polsek Laweyan Surakarta Mengamankan Perayaan Hari Raya Galungan Bagi Umat Hindu di Solo

Tribratanews.polri.go.id. Polresta Surakarta. Hujan yang mengguyur Kota Surakarta sejak sore hari tak menyurutkan niat umat Hindu di Kota Surakarta untuk hadir merayakan hari raya Galungan. Mereka bersama-sama hadir ke tempat perayaaan Galungan di Pura Indraprasta yang beralamat di Mutihan RT 05 RW XI Kel. Sondakan Kec. Laweyan Surakarta. Perayaan Galungan ini diperingati setiap 210 hari dan merupakan peringatan menyambut hari kemenangan Dharma (Kebaikan) melawan Adharma (Kejahatan) yang pada akhirnya dimenangkan oleh Dharma atau Kebaikan.

Tahun ini perayaan Galungan di Pura Indraprasta dilaksanakan pada hari Rabu Kliwon (05/04/2017) mulai pukul 18.00 – 21.00 WIB. Acara ini dihadiri oleh lebih kurang 500 orang umat Hindu dan diisi dengan Ibadah atau Sembahyangan yang dipimpin oleh Pinandita Waluyo, Pinandita Bagio Hadi dan Pinandita Jatmiko Widodo. Perayaan ini diselenggarakan oleh Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Surakarta dan sebagai penanggungjawab kegiatan adalah Ketua PHDI Kota Surakarta yang juga merupakan anggota Polri yaitu Ida Bagus Komang Suarnawa MPdH.

Demi menjamin keamanan dalam penyelenggaraan kegiatan perayaan Galungan di Pura Indraprasta ini, Polsek Laweyan menugaskan 6 personil pengamanan terbuka maupun tertutup dan dibantu oleh 2 personil Linmas. Pengamanan ini dipimpin oleh Panit Reskrim IPDA Marsana SH.

Dalam sambutannya, Ketua PHDI Kota Surakarta, Ida Bagus Komang Suarnawa MPdH mengucapkan terima kasih kepada para umat se – Dharma dan sekaligus menginformasikan bahwa dalam rangka perayaan Galungan tahun ini akan diadakan Baksos untuk umat dan warga di sekitar Pura Indraprasta Mutihan Sondakan Laweyan.

Pada inti acara yang diisi dengan ceramah oleh Drs Made Karna SH MPd menyampaikan, bahwa Dharma dapat menentramkan jiwa yang ada di dalam hati manusia dan kembali ingat akan ajaran dari Ida Shang Hyang Widhi Wasa. Hendaklah selalu berbuat baik, dan bahwa hukum Karma Phala itu akan berlaku seterusnya. Selama kegiatan berlangsung situasi dalam keadaan aman kondusif.

Penulis : Heri Laweyan
Editor   : Umi Fadilah
Punlish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password