Jelang Perayaan Paskah, Polres Belu NTT Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Semana Santa

Tribratanews.polri.go.id – Polda NTT,Pekan Suci Paskah merupakan rangkaian acara perayaan Liturgi mengenang sengsara dan wafat serta kebangkitan Yesus Kristus melalui pelaksanaan kegiatan ibadah keagamaan di gereja maupun tempat – tempat perayaan paskah dan hal tersebut sudah menjadi tradisi masyarakat dalam menyambut paskah .

IMG_1268

Hal ini disampaikan Waka Polres Belu KOMPOL Oktovianus Wadu Ere, SH saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Semana Santha Turangga 2017, senin (5/4/17) pukul 08.00 wita.

Guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif dan menjamin masyarakat untuk dapat merayakan hari raya paskah dengan aman, maka Polres Belu dan jajaran menggelar operasi kepolisian selama 2 minggu dengan bentuk pengamanan kegiatan yang bersifat terbuka dengan Sandi Semana Santa Turangga 2017.

“Tujuan dari operasi ini adalah menjamin keamanan masyarakat kabupaten Belu dan Malaka yang merayakan Paskah dapat tercapai dengan baik. Dalam operasi ini, Polres Belu telah membentuk satgasops yang terdiri dari 5 satuan tugas yakni satgas I / deteksi terdiri dari subsatgas Intelkam dan Binmas, satgas II / kamseltibcarlantas dari satuan lalu lintas, satgas III / preventif terdiri dari subsatgas sabhara dan pamobvit, satgas IV / gakkum terdiri dari subsatgas Reskrim dan Resnarkoba, serta satgas V bantuan operasi terdiri dari subsatgas Sat Polair, sarpras, humas, Propam, TI dan subsatgas urkes”kata Waka Polres Belu

“Disamping satgas ini, Kita juga melibatkan tim dari Subden 2 Brimob Atambua sebagai satgas tindak, guna melakukan sterilisasi pada gereja– gereja target operasi, penjinakan bom pada Gereja-gereja yang diduga ada bom dan penanganan teror dilokasi lokasi yang menjadi pusat kegiatan masyarakat selama perayaan paskah .” lanjut Waka Polres Belu.

Satuan tugas yang telah dibentuk ini kata Waka Polres, kiranya dapat bersinergi dengan aparat keamanan lainnya termasuk tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan para pemangku kebijakan lainnya yang terlibat maupun yang berada di sekitar lokasi pengamanan agar kegiatan pengamanan dapat berjalan dengan optimal sehingga umat yang melaksanakan ibadah kebaktian / misa perayaan Paskah dengan nyaman dan dapat dengan khusuk mengikuti giat keagamaan ini.

Apel gelar pasukan ditandai dengan pemeriksaan pasukan oleh Inspektur Apel yang dikawal Ipda Jodi Rachman selaku Komandan apel serta pemasangan pita secara simbolis kepada perwakilan oleh Inspektur Apel.

Sejumlah Pejabat dari Pemerintah Kab.Belu & Malaka, TNI dan Polri hadir dalam apel gelar pasukan ini dengan peserta apel terdiri atas barisan Kodim  1605 Belu, staf Polres Belu, Kompi Brimob sub 2 Pelopor Atambua, Subden Pom IX Udayana Belu, Sat pol pp dan barisan Dishub Darat Kab.Belu.

Diberitakan sebelumnya, Operasi Semana Santa ini akan dimulai tanggal 5 April 2017 s/d 19 April 2017, namun karena pertimbangan keefektifan operasi itu sendiri sehingga pelaksanaannya di undur ke tanggal 7 s/d 21 April 2017.

Penulis : Eja Manto

Editor : Umi Fadilah

Publish : Eja Manto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password