Polda Kaltim Ikut Video Conference Peluncuran E-Tilang

tribrata-news-polda-kaltim-iiBalikpapan – Peluncuran aplikasi tilang elektronik (e-Tilang)  dilakukan hari ini  Jumat 16 Desember. Penerapan sistem e-Tilang berlaku secara nasional.

Kabidhumas Polda Kaltim AKBP Ade Yaya Suryana  melalui Kasubbid PID Kompol Agus Siswanto, S.H., S.IK., M.H.  mengatakan, peresmian sistem e-Tilang dilaksanakan berbarengan dengan peluncuran sistem e-Samsat dan SIM online. Peresmian digelar di Halaman Mall Balikpapan Super Blok (BSB) dengan melakukan Video Conference dengan Mabes Polri.

“Ya, hari ini dilakukan launcing E-Tilang  bersamaan dengan launching e-Samsat dan SIM online,” kata Agus Siswanto.

Penerapan sistem e-Tilang bertujuan mencegah praktik pungutan liar (pungli). Sistem ini juga mempermudah masyarakat mengurus administrasi tilang.

Aplikasi e-Tilang akan merekam data para pelanggar lalu lintas. Anggota Polantas yang berwenang menilang akan memiliki aplikasi e-Tilang di gawai berbasis android.

Petugas yang menjumpai pelanggar akan mencatat indentitas, jenis pelanggaran dan besaran denda. Setelah itu diinput data dikirim ke server Bank Rakyat Indonesia (BRI). Pihak Bank akan mengirimkan pesan singkat (SMS) ke pelanggar mengenai nominal denda tilang yang harus dibayarkan melalui rekening BRI.

Jika si pelanggar tidak memiliki handphone, akan diberikan lembar tilang warna biru dengan maksud pelanggar mengetahui dan menerima denda pelanggaran yang sudah dilanggar sesuai putusan sidang yang langsung ditindaklanjuti oleh kejaksaan. Intinya pelanggar yang melanggar bisa langsung membayar denda melalui ATM, e-Banking dan lain-lain.

Aplikasi e-Tilang terkoneksi dengan kejaksaan dan pengadilan. Ketika ada pelanggaran, kejaksaan dan pengadilan dapat langsung memutuskan besaran denda.

Sementara itu, program e-Samsat mempermudah masyarakat membayar pajak tahunan secara online. Masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor Samsat untuk membayar pajak.

Begitupun SIM online, juga mempermudah masyarakat mengurus perpajangan SIM. Masyarakat cukup mendatangi Satpas di polres terdekat. Masyarakat tidak harus kembali ke daerah asal penerbitan SIM.

Launching dhadiri olah Kapolda Kaltim, Wakapolda Kaltim, Pangdam VI/Mulawarman, Danlanud, Danlanal, Dukcapil Kota Balikpapan, Pengadilan Tinggi Kaltim, Kejari Kota Balikpapan, Dishub Kota Balikpapan, Kadispenda Kota Balikpapan, Kepala Jasa Raharja, Dir BNI Kota Balikpapan dan Dir BRI Kota Balikpapan.

“Selain memudahkan masyarakat, program ini bertujuan untuk mewujudkan Program KAPOLRI Profesional Modern Dan Terpercaya,  dan mempermudah masyarakat dalam mengurus atau memperbarui sim dan stnk” tambah Kompol Agus Siswanto, S.H., S.IK., M.H. selaku Kasubbid Pid Bidhumas Polda Kaltim.(*)

HumasPoldaKaltim

Admin Polri56599 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password