Langkah Bijak Polda Sumsel Bersih – Bersih, As SDM Kapolri: Akan Menjadi Acuan Polda Lain

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumsel, Arahan As SDM Kapolri Irjen Pol. Drs. Arief sulistyanto, M.Si. kepada panitia seleksi anggota Polri 2017 Polda Sumsel “SDM Polri unsur utama organisasi jangan ada yang main – main dalam proses seleksi,“ di ruang Rekonfu Polda Sumsel. Rabu (5/4)

“Saya dilahirkan bukan orang Sumatera Selatan tapi saya berkeinginan kuat untuk menghasilkan Polisi di Sumsel ini baik, makanya untuk mengawalinya dimulai dari proses rekrutmen Polri. Jika ke depan Polisinya jelek dan banyak masalah tentunya saya akan merasa sangat berdosa,” ujar kapolda Sumsel Irjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si

WhatsApp Image 2017-04-05 at 11.50.40

Dirinya juga mengatakan, dengan keinginan yang kuat dan didukung oleh Pejabat Utama Polda Sumsel serta seluruh panitia untuk mewujudkan rekrutmen clear dan clean, dirinya yakin bisa menghasilkan anggota Polisi  yang “Promoter“. Hal ini sesuai dengan kebijakan dan program Kapolri Promoter “Profesional, Modern dan Terpercaya“. Outputnya terpercaya maka partisipasi masyarakat terhadap Polri khususnya Polda Sumsel akan lebih baik.

“Berkaitan dengan kejadian kemarin, Panitia yang terlibat dalam rekrutmen sudah diganti dan sudah disprinkan, diharapkan penerimaan kali ini betul – betul clear and clean,“ pungkasnya

As SDM Kapolri Irjen Pol. Drs. Arief sulistyanto, M.Si mengapresiasi Kapolda Sumsel mengambil langkah sangat bijak dan berani dalam upaya memberikan jalan kepada saya untuk mencapai visi yang sudah di tetapkan Kapolri salah satunya penerimaan Polri “ BETAH “ bersih, transparan, akuntabel dan humanis.

“Pembenahan pada proses seleksi penerimaan Polri 2017 yang akan dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, apa yang dilakukan Polda Sumsel dalam berbenah dan bersih – bersih menjadi acuan pada rekruitmen 2017 ini dan seterusnya,“ ujar As SDM Kapolri.

Sebuah perjuangan membutuhkan pengorbanan, apalagi perjuangan untuk kebaikan organisasi. Rekrutmen merupakan awal pembenahan polri, kunci reformasi internal Polri ada pada proses rekrutmen. Kalau proses rekrutmen dan pembinaan SDMnya bagus maka Polri akan lebih baik.

Tingkatkan dan utamakan pengawasan, jangan pernah berpikir untuk mendapat keuntungan dari calon yang akan mendaftar Polisi, kalo ada yang seperti itu maka sudah berniat untuk merusak Polisi Republik Indonesia ini dan pada akhirnya institusi dan masyarakat yang menjadi korban akibat prilaku oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Ketatnya pengawasan jangan di jadikan beban,  proses dan tahapan rekruitmen semuanya sudah diatur dan harus ditaati, karena SDM yang berkualitas merupakan unsur utama tegak berdirinya organisasi,“ ujar Irjen Pol. Arif Sulistyanto

Hal senada yang dikatakan Komisioner Kompolnas Irjen Pol (Purn) Bekto Suprapto, Kompolnas datang ke Polda Sumsel untuk mendukung Polri dalam rangka bersih – bersih.

Dirinya juga menjelaskan berkaitan dengan kewenangan yang dimiliki Kompolnas antara lain mencari dan mengumpulkan serta menganalisis SDM, anggaran Polri, kemudian Kompolnas juga memastikan Polisi bekerja secara profesional dan mandiri, dan Kompolnas dapat menerima saran dan keluhan dari masyarakat

“Kompolnas mendukung bersih – bersih di internal Polri supaya ke depan lebih baik, perbuatan – perbuatan yang salah akan menunjukan pada dirinya sendiri,“ ujar Irjen Pol (Purn) Bekto Suprapto.

Penulis : Yulius

Editor.  : Umi Fadilah

Publish : Yulius

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password