Tim Saber Pungli Sukoharjo Selidiki Dugaan Pungli di KUA

Tribratanews.polri.go.id, Polres Sukoharjo – Setelah di bentuk oleh Bupati Sukoharjo H Wardoyo Wijaya pada bulan Februari lalu Satgas Saber Pungli (satuan tugas sapu bersih pungutan liar) dapatkan beberapa laporan dari masyarakat tentang adanya pungutan liar. Salah satu yang dilaporkan masyarakat tentang adanya pungutan liar di Kementrian Agama.

Pungli yang diduga terjadi di Kementrian Agama yang dimaksud adalah di salah satu KUA (kantor urusan agama) yang ada di Sukoharjo. Bahwa di KUA ada pungutan tanpa kwitansi saat keluarga atau calon pengantin akan mendaftarkan nikah,  calon pengantin dimintai pungutan sebesar RP 30.000 (tiga puluh ribu rupiah).

“Jadi ada beberapa sumber dari masyarakat tentang laporan pungli, salah satunya di KUA,” Kata Waka Polres Sukoharjo Kompol Ifan Hariyat T saat ditemui usai mengikuti upacara TMMD, Rabu (05/04/2017).

Lebih lanjut Kompol Ifan Hariyat yang wakili Kapolres Sukoharjo AKBP Ruminio Ardano S.IK menjelaskan, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan Kepala Kemenag Sukoharjo terkait dengan adanya pungutan tanpa kwitansi di salah satu KUA yang ada di Sukoharjo.

“Kami sudah berkoordinasi dengan ketua Kemenag Sukoharjo untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut, saat ini masih dilakukan penyelidikan dan identitasnya sudah kami ketahui,” paparnya.

Tim saber pungli yang terdiri dari Pemerintah daerah Sukoharjo, Polres, Kejaksaan Negeri, Pengadilan dan juga TNI. Minggu depan akan mengadakan koordinasi internal terkait dengan program program kegiatan kedepanya. Dan dalam waktu dekat akan mengumpulkan para Kepala Sekolah yang ada di Sukoharjo untuk diberikan sosialisasi tentang pungutan liar.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password