Kekompakan TNI, POLRI dan Masyarakat dalam Program TMMD Sengkuyung I Tahun 2017

IMG-20170405-WA0044
Tribratanews.polri.gomid. Polresta Surakarta. Kapolsek Pasar Kliwon AKP Suwandi Rabu 5/4/2017 pukul 08.30 Wib menghadiri Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I TA. 2017 di Lapangan Denpal B/04/ Surakarta Jl. Sugiyopranoto Kal. Kampungbaru Pasar Kliwon Surakarta . Adapun TMMD tahun ini mengambil tema ” Dengan Semangat Kemanunggalan TNI dan Rakyat Kita Percepat Pembangunan di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Rangka Menjaga Keutuhan Wilayah NKRI “, dan sebagai Inspektur Upacara Walikota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo.
Pejabat lain yang hadir adalah : Drs. Achmad Purnomo, Apt Wakil Walikota Surakarta. Letkol Inf Edwin Apria Candra, SIP Dandim 0735/Ska. Letkol CPL Asep Indra Setiawan, S.Sos, Dan Denpal B-04-12-04 Surakarta. Mayor PSK Suparno, Mewakili Dan Lanud. Mayor LEK Alfred, Depohar 50 Lanud. Kompol Bagus Kasat Sabhara mewakili Kapolresta Surakarta. Kapt Inf Mulyanto, Pa Khusus Grup 2 Kopassus. Kapt Inf Waluyo Danramil 05/Psk. Kapt Inf Paidi Pasi Ops Kodim 0735/Wrt. Drs. Hary Trihatno Ka Dishub Kota Surakarta. Suharjono Lurah Kampung Baru . Agus Priyatna Mewakili Kajari Kota Surakarta. serta peserta apel 300 orang termasuk Polri.

Walikota Solo FX. Hadi Rudyatmo menyampaikan amanat dari Gubernur Jawa Tengah sbb :
1. Program TMMD ini adalah bagian dari cara merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotong royongan untuk mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan kita hari ini. Karena untuk mengatasi kemiskinan dan pengangguran, mewujudkan daulat pangan dan energi, memenuhi kebutuhan dasar masyarakat secara baik, memberantas narkoba, memperkuat semangat nasionalisme dan patriotisme, tidak mungkin hanya mengandalkan peran pemerintah pusat saja, TNI/Polri saja, atau Pemerintah Daerah saja. Semua mesti keroyokan, dan semua mesti bersinergi serta bekerjasama bersama rakyat untuk menyelesaikan persoalanpersoalan tersebut.
2) Sinergitas dan kemanunggalan TNI, POLRI dengan rakyat, serta Pemerintah Pusat dan Daerah melalui TMMD seperti inilah menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai isu/persoalan terkini dengan solusi. Kita ingin seluruh desa di Jawa Tengah makin maju dan mandiri, Kita ingin kehidupan rakyat Jawa Tengah makin sejahtera. Jalan dan jembatan makin memadai sehingga aksesibilitas dan mobilitas orang dan barang dari dan ke desa makin lancar. Kemudian sarana prasarana fasilitas umum untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat juga makin baik. Ketersediaan pangannya mencukupi serta tempat tinggalnya layak untuk dihuni. Yang tidak kalah penting adalah adanya kesempatan dan ruang-ruang berkreasi bagi masyarakat yang tersedia dengan baik. Nyala kreativitas di tingkat desa harus dihidupkan agar potensi desa makin optimal sehingga pada gilirannya masyarakat desa makin mandiri dan sejahtera kehidupannya.
3) Pada prinsipnya masyarakat kita harus betul-betul dapat hidup secara baik, sehat dan sejahtera. Kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan harus kita atasi… dan lawan !Apalagi di Jateng angka kemiskinan masih cukup tinggi. Tahun 2016 angka kemiskinan sebesar13,19% dari total jumlah penduduk. Sedangkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) 4,63% dari Angkatan Kerja. Kemudian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jawa Tengah Tahun 2015 berada pada angka 69,49. Pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah pada tahun 2016 (yoy) sebesar 5,28% dengan angka laju inflasi (yoy) sebesar 2,36%.
4) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memiliki arah kebijakan untuk mengurangi penduduk miskin yang diprioritaskan pada wilayah Kabupaten/ Kota dengan persentase penduduk miskin di atas rata-rata Jawa Tengah. Untuk itulah, kita telah, sedang dan terus melakukan peningkatan sinergitas dan harmonisasi program pengurangan kemiskinan dan pengangguran berdimensi kewilayahan dengan pelibatan berbagai OPD dengan strategi pengurangan beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan masyarakat miskin.
5) Kita berikan bea siswa bagi anak dari keluarga miskin. Kita bantu pembangunan untuk RTLH. Kita berikan jamkesda untuk yang non kuota, dan kita berikan pendampingan serta pemberdayaan bagi pelaku UMKM dan para kadang tani. Program ini yang harus disengkuyung bareng-bareng. Ke depan kita harapkan, RTLH perlu ditingkatkan jumlah unit-unitnya, baik melalui stimulan APBN, APBD Provinsi dan Kabupaten/Kota maupun CSR dengan didukung swadaya masyarakat. Begitu pula akses jamban masyarakat harus terus diperhatikan dan ditingkatkan pula. Masyarakat tidak boleh lagi BAB sembarangan. Ajak masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, termasuk tidak membuang sampah sembarangan, apalagi di sungaisungai. Ini perilaku yang tidak sehat dan membahayakan kelestarian lingkungan.
6) Pada akhirnya melalui TMMD ini, mari kita optimalkan berbagai program kegiatan lintas sektoral guna membantu penanggulangan kemiskinan, pengangguran dan penyelesaian PR-PR kita lainnya di Jawa Tengah. Kita ingin desa-desa di Jateng makin maju dan mandiri dengan tetap mempertahankannya sebagai sebuah entitas unik, dengan kearifan lokal yang selalu terjaga. Desa/78 maju, fasilitas pelayanan dasar masyarakate komplet, SDM-me makin berkualitas unggul, mandiri, punya spiritualitas tinggi, nggak ada narkoba, kreatif dan inovatif serta berkarakter kebangsaan yang kuat. Lan sing ora kalah penting, kabudayane tansah lestari. Itu baru luar biasa. Saatnya kita lanjutkan karya bhakti dan pengabdian pada Ibu Pertiwi. Bersama kita tingkatkan kesejahteraan masyarakat perdesaan di negeri ini.
Untuk sasaran TMMD Tahap I TA. 2017 di Kota Surakarta sbb :
– Pavingisasi jalan di Rt 3 Rw 3 Kel. Kampung Baru Kec. Pasar Kliwon Kota Surakarta.
– Pembuatan Ruang terbuka hijau disebelah Radio PTPN.
– Normalisasi Saluran Air dan Pavingisasi di Rw 2 Kel. Kampung Baru.
– Normalisasi Saluran Air disamping Kel. Kampung Baru, dan Pengembalian Fungsional Taman sebagai Lahan Hijau. Selama kegiatan berlangsung aman dan lancar.
Penulis : Miun Kliwon
Editor   : Umi Fadilah
Publish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password