Lagi Polsek Tapung Sukses Jadi Konsultan Solutif, Damaikan Dua Pihak Berperkara

 

Tribratanews.polri.go.id – Polres Kampar, Polsek Tapung Resor Kampar kembali sukses melakukan Mediasi terkait perkara Pemukulan (Kekerasan) terhadap anak dibawah umur yang terjadi di SD Negeri 037 Tapung.

Mediasi ini dilaksanakan pada Senin (3/4/2017) pukul 14.00 wib, bertempat di SD Negeri 037 Tapung yang berlokasi di Jalan Garuda Sakti KM 06 Desa Karya Indah Kecamatan Tapung.

Mediasi ini dilakukan untuk penyelesaian permasalahan perkara pemukulan (Kekerasan) terhadap anak di bawah umur yang terjadi pada hari Rabu tanggal 22 Maret 2017 sekira pukul 13.00 Wib, di ruang kelas 3C SD Negeri 037 Tapung yang telah dilaporkan kepada pihak Kepolisian.

Adapun pelapornya adalah ES (lk 36) warga jalan Putaran KM 06 desa Karya Indah yang kesehariannya bekerja sebagai sopir, dengan korbannya REN yang merupakan anak kandung dari pelapor.

Sedangkan terlapornya adalah LS (Pr 32) seorang Ibu Rumah Tangga, warga Perumahan Bukit Garuda Indah Blok A nomor 12, jalan Garuda Sakti KM 5,5 Desa Karya Indah Kecamatan Tapung.

Mediasi yang digelar di SD Negeri 037 Tapung ini, dihadiri oleh Kepala SDN 037 Tapung Bpk. Ragil Saryadi, S.Pd, Wali Kelas 3C Jamal S.Pd, Pelapor ES beserta istrinya JL, terlapor LS beserta suaminya HS, saksi HL, Kanit Reskrim Polsek Tapung Iptu Asdisyah Mursyid, SH selaku Penyidik yang diwakili oleh Panit II Aipda Irwan Fadila, SH, Bhabinkamtibmas Desa Karya Indah Bripka Fahrizal, Bripka Ridwan F dan Bripda Betria Ningsih.

Setelah dilakukan mediasi oleh personil Polsek Tapung, kedua belah pihak bersedia perkaranya diselesaikan secara mufakat dan kekeluargaan, dan dilanjutkan dengan menandatangani perjanjian perdamaian.

Adapun isi perjanjian perdamaian tersebut adalah :

1.Bahwa antara pihak pertama dengan pihak kedua sepakat untuk melakukan perdamaian secara kekeluargaan.

2.Bahwa pihak kedua meminta maaf secara langsung kepada pihak pertama dan berjanji tidak akan mengulangi lagi, selanjutnya pihak pertama telah memaafkan pihak kedua secara ikhlas.

3.Bahwa pihak kedua bersedia membantu biaya pengobatan kepada pihak pertama, serta pihak pertama bersedia menerimanya.

4. Apabila dikemudian hari terjadi sesuatu hal terhadap kesehatan anak pihak pertama, maka pihak kedua bersedia utk membantu biaya pengobatan yang diperlukan.

5. Bahwa dengan ditanda tangani surat perdamaian ini, maka permasalahan antara pihak pertama dengan pihak kedua dianggap telah selesai, serta tidak ada tuntutan dikemudian hari, baik secara pidana maupun secara perdata.

Mediasi selesai pada pukul 15.30 wib dan selama proses mediasi berlangsung dalam keadaan aman dan lancar.

Kapolres Kampar AKBP. Edy Sumardi Priadinata, Sik Melalui Kapolsek Tapung Kompol. Darmawan, SH.MH membenarkan bahwa pihaknya telah melakukan mediasi terkait perkara tersebut.

Menurut Kapolsek, hal tersebut merupakan langkah dan proses yang dilalui oleh kedua belah pihak untuk menemukan keadilan hukum terhadap permasalahan yang terjadi diantara mereka.

Dijelaskan Kapolsek, bahwa hal terkait penyelesaian perkara tersebut merupakan amanat dari Undang-undang No. 11 Tahun 2012 tentang sistem peradilan anak, yang mana penyidik agar menempuh penyelesaian melalui Diversi terhadap perkara anak terlebih dahulu dengan melakukan mediasi kepada para pihak yang berperkara.

“Hal tersebut dilakukan untuk mencari kepastian hukum dan keadilan diantara pihak yang bermasalah, hal ini juga disebut dengan Restorative Justice yaitu konsep penyelesaian perkara diluar pengadilan dengan melibatkan para pihak yaitu pelaku dan korban, sehingga ada keseimbangan diantara mereka untuk mencari solusi menuju kesepakatan, Apapun yang telah disepakati oleh para pihak itulah Keadilan dan Kemanfaatan Hukum diantara para pihak,” jelas Kapolsek.

Ditambahkan Kapolsek, dirinya sangat mengapresiasi apa yang telah diupayakan oleh Penyidik Unit Reskrim Polsek Tapung, sehingga permasalahannya bisa di selesaikan secara kekeluargaan, mengingat diantara mereka masih dibawah umur, sehingga perlu pembinaan dan pengawasan orang tuanya dalam menuju masa depan yang lebih baik.

Penulis: Deni Yusra

Editor: Umi Fadilla

Publish: Adi.S

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password