Kehadirannya di Pasar Tradisional Jadi Perhatian Pengunjung

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Seorang perempuan blusukan di pasar mungkin sudah umum dijumpai. Pengunjung pasar justru banyak didominasi oleh para perempuan khususnya ibu-ibu. Tapi bagaimana jika ibu-ibu sekaligus Polwan blusukan di pasar bukan untuk berbelanja namun berpatroli menjaga keamanan ?

Itulah yang dilakukan oleh Bripka Devia Irawati, satu-satunya Polwan di Polsek Karangan Polres Trenggalek.  Bersama dengan beberapa rekan kerjanya, ia tak canggung keluar masuk pasar guna memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung.

“Hari ini kebetulan bertepatan dengan pasaran Wage, jadi lebih ramai dari hari biasa. Tentunya kerawanan gangguan Kamtibmas juga meningkat”, ujar Bripka Devia.

Kehadiran Polwan di dalam pasar tradisional tentu saja menjadi perhatian sebagian pengunjung. Dengan lugas Bripka Devia berdialog dengan para pedagang dan pengunjung pasar lainnya.

“Selamat siang ibu, harga apa ini yang naik, cabe sudah turun ya bu ?”, sapa Bripka Devia kepada salah satu pedagang.

Menurut Bripka Devia, blusukan di pasar bersama rekan kerja lainnya yang notabene adalah polisi laki-laki tak menyulitkannya dalam berinteraksi dengan masyarakat.

“Sebagai ibu rumah tangga, saya kan juga sering ke pasar. Jadi sudah biasa berkomunikasi dengan para pedagang. Kadang saya juga sering nawar harga”, ujarnya sambil tertawa.

Soal rekan kerjanya yang lebih banyak laki-laki, Bripka Devia merasa nyaman saja. Hal tersebut karena anggota Polsek Karangan Polres Trenggalek memahami posisinya sebagai anggota Polwan.

“Semua mendukung dan baik sama saya. Tidak ada yang membedakan. Kalau jadwal saya patroli ya patroli. Semua diperlakukan sama”, jelas Bripka Devia.

Penulis : Ady

Editor : Umi Fadilah

Publish : Handoko

Admin Polri54660 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password