Kapolres Sidrap : Masuk Polisi Tidak Bayar

Tribratanews.polri.go.id – Sidrap Sulsel, Kapolres Sidrap AKBP M. Anggi Nailifar Siregar, SIK, M. Si menegaskan bahwa tidak ada pungutan dalam rekrutmen terpadu anggota polri yang saat ini telah dibuka di seluruh Indonesia, termasuk di Polres Sidrap.

“Karena masih ada anggapan di masyarakat bahwa rekrutmen Polisi itu susah, harus membayar, harus mempunyai uang. Ini yang harus kita hentikan dan kita hilangkan anggapan-anggapan masyarakat seperti itu,” katanya saat dikonfirmasi oleh tribratanews, Selasa (4/4/2017) Pagi.

Kapolres telah sering menyampaikan agar pelaksanaan rekrutmen di Sidrap harus berjalan dengan baik, transparan dan terbuka.

Ia berharap, seluruh personel Polres Sidrap untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa penerimaan Polri betul-betul dilaksanakan secara terbuka.

Menurutnya, rekrutmen sekarang sangat terbuka dan siapa pun boleh mendaftar. “Agar betul-betul calon yang kita seleksi luar biasa daripada yang biasa-biasa,” jelas Anggi

Terkait rekrutmen transparan ini, Kapolres juga sudah mengingatkan kepada Kabag Sumda baru-baru ini, bahwa proses rekrutmen harus betul-betul dilaksanakan dengan terbuka.

“Tidak ada lagi pakai uang, tidak ada lagi pakai sponsor, dan lain sebagainya. Kalau ada pakai-pakai sponsor saya langsung coret,” tegas Anggi.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres juga mengingatkan kepada seluruh personel agar tidak terlibat pelanggaran maupun tindak pidana kriminalitas termasuk percaloan.

“Saya minta harus ada pengawasan ketat terhadap seluruh anggota. Sehingga hal-hal yang tidak diinginkan bisa diantisipasi,” katanya.

“Mari kita berpikir jernih bahwa Polisi sudah berubah. Polisi tidak lagi memeras dan menakut-nakuti masyarakat sehingga Polri yang Profesional, Modern dan Terpercaya (Promoter) dapat terwujud” tutup Anggi.

Berbagai cara dilakukan oleh Polda Sulsel dan jajaran untuk menarik minat pemuda-pemudi Celebes agar menjadi anggota Polri, salah satunya dengan mengunjungi sekolah-sekolah. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kampanye dalam mensosialisasikan penerimaan anggota Polri di Tahun 2017 yang Bersih Transparan Akuntabel dan Humanis (BETAH).

Sebelumnya panitia penerimaan Calon Siswa (Casis) Polri tahun 2017 jajaran Polda Sulsel telah mengambil sumpah dan menandatangani Pakta Integritas, Selasa (21/2). Kegiatan ini dipimpin langsung Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri, Irjen Polisi Arif Sulistianto melalui video conference (Vicon).

Agar proses seleksi anggota Polri tahun 2017 bersih dan transparan, Asisten SDM Polri, Irjen Arief Sulistyono melalui Vicon Polda se-Indonesia memerintahkan petugas seleksi untuk disumpah.

“Sumpah ini bukan kepada Kapolri, tetapi kepada Allah,” kata Irjen Pol Arief Sulistyono saat memimpin prosesi pengambilan sumpah.

“Saya berjanji bahwa saya akan menjalankan tugas seleksi penerimaan anggota polisi dengan penuh tanggungjawab, jujur, objektif dalam setiap proses penerimaan,” ucap seluruh panitia penerimaan Polri Polda Sulsel tahun 2017 secara serentak melalui Vicon.

Pengambilan sumpah ini dimaksudkan untuk menjamin transparansi dalam proses penerimaan Polri yang akan dilaksanakan oleh Polda Sulsel dalam waktu dekat ini. Bila calon diketahui berbuat kecurangan, maka akan dicatat dan dipidanakan. Dan untuk anggota Polri, akan diberikan sanksi disiplin.

 

Penulis : Sumarwan

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password