Pelatihan Penyidikan Korupsi dan Illegal Logging Ditreskrimsus Polda DIY

tribratanews.polri.go.id – JOGJA – Untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam hal penyelamatan aset negara dan melanjutkan pembangunan nasional, maka penegakan hukum dalam pemberatasan korupsi dan illegal logging menjadi prioritas. Di samping peran KPK dan Kejaksaan, peran kepolisian menjadi strategis, hal ini karena jangkauan organisasi Polri yang sampai ke pelosok negeri.

Dari korupsi sendiri negara telah dirugikan sebanyak Rp. 203,9 triliun, dari rentang waktu 2001 – 2015 (hasil kajian Laboratorium Ilmu Ekonomi UGM, 2016). Sedangkan dari illegal loging, selain mengakibatkan kerusakan lingkungan, jumlah kerugian negara mencapai Rp. 30 triliun per tahun.

Hal inlah yang mendasari Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda DIY melaksanakan pelatihan bagi penyidik dan penyidik pembantunya, baik di jajaran Ditreskrimsus maupun di Polres/Ta.

Dirreskrimsus Polda DIY Kombes Pol Drs. Gatot Budi Agus Utomo melalui Kabag Binops AKBP Dony Siswoyo, S.IK., menyampaikan pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan profesionalisme penyidik.

“Banyaknya hal – hal baru, yang ada dalam bidang penyidikan tindak pidana korupsi dan tindak pidana illegal logging mendorong kami untuk menguatkan kemampuan penyidik dan penyidik pembantu kami,” jelasnya di sela – sela acara yang dilaksanakan di Aula Timur Mapolda DIY Selasa, 4 April 2017.

Lebih lanjut Kabag Binops menjelaskan bahwa adanya perundang – undangan baru membutuhkan kecakapan dan pemahaman yang menyeluruh dari penyidik dalam menangani kasus – kasus tersebut. Selain berkaitan dengan perundang – undangan dan peraturan, ada ranah – ranah penyidikan yang harus sinergi dengan stake holder lain, dalam hal ini semisal Kementerian Kehutanan untuk kasus illegal logging.

Sedangkan dalam hal pemberantasan tindak pidana korupsi, dengan semakin meningkatnya profesionalisme penyidik maka sinergi penegak hukum akan menjadi kuat dan efektif dalam bekerja.

_999 999 857

Pelatihan kali ini terdiri dari dua sessi. Sessi pertama diisi materi Penyidikan/Penyelidikan Tindak Pidana Korupsi, oleh Kompol Anjar Istriani, SE., IPTU Eko Hadi, SH. dari Subdit IV/Pidana Korupsi. Sedangkan sessi kedua, disampaikan materi Penyidikan/Penyelidikan Tindak Pidana Illegal Logging.

“Karenanya kami mendorong agar apa yang diperoleh oleh instruktur saat mengikuti pelatihan di luar Polri, dapat dipaparkan dan disampaikan di forum ini.” pungkas AKBP Dony Siswoyo, S.IK.

penulis: mfajar

editor: umi fadilah

publish: jay

Admin Polri54021 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password