Berhenti Sejenak, Menyapa, dan Berjalan lagi Singkirkan Kerikil Tajam di Jalanan

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Patroli jalan kaki merupakan salah satu metode yang dianggap efektif diterapkan pada sasaran atau strall yang tidak terlalu jauh, semisal kegiatan masyarakat pada area tertentu, pasar, perbankan aataupun pusat perbelanjaan. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan menggunakan metode ini diantaranya bisa dimanfaatkan berdialog dan berinteraksi dengan masyarakat secara langsung sekaligus menggali informasi dan menampung aspirasi masyarakat.

Salah satu Polsek yang sering menerapkan model patroli jalan kaki adalah Polsek Dongko Polres Trenggalek. Wilayahnya didominasi pegunungan dengan medan yang sebagian diantaranya tidak bisa dilalui kendaraan patroli. Selain itu, sentra perekonomian masyarakat berada di pusat Kecamatan Dongko yang selalu ramai dikunjungi warga saat hari pasaran Kliwon saja (penanggalan Jawa).

“Kalau hari pasaran, bisa sampai macet, selain jalur utama menuju Panggul dan Pacitan, juga karena budaya masyarakat yang sudah niteni (mengingat) hari pasaran,” ujar Kapolsek Dongko Polres Trenggalek, AKP Tribasuki.

Seperti hari ini, Senin (03/04), sejak dini hari masyarakat Kecamatan Dongko dan sekitarnya nampak mulai memadati pasar Kecamatan Dongko. Area pasar yang tidak terlalu luas dan berada tepat di jalan nasional menyebabkan arus lalu lintas menjadi lebih ramai. Para pedagang juga berjubel hingga ke trotoar jalan.

“Petugas sudah berada di lokasi sejak pagi dan melakukan pengamanan serta pengaturan lalu lintas. Sebagian lainnya patroli jalan kaki, berdialog dengan para pedagang dan masyarakat lainnya,” ujar Kapolsek yang lebih dikenal dengan panggilan Tribas ini.

Berdasarkan pantauan tim redaksi, beberapa petugas memang terlihat blusukan di tengah kesibukan warga. Berhenti sebentar, menyapa para pedagang dan pembeli atau sekedar menanyakan kondisi keamanan di desa masing-masing. Dari metode patroli jalan kaki ini, petugas bisa menjangkau setiap titik yang dinilai memiliki kerawanan. Selain itu, keuntungan lainnya adalah informasi terkait Kamtibmas yang diperoleh lebih valid dan aktual.

“Informasi dari masyarakat inilah yang kami gunakan sebagai acuan untuk mengambil kebijakan ataupun inovasi-inovasi yang bisa dikembangkan di Kecamatan Dongko,” tandas AKP Tri Basuki.

Patroli jalan kaki terlihat sepele, namun dibalik itu menyimpan manfaat yang besar bagi terciptanya Kamtibmas yang kondusif. Dengan patroli jalan kaki, masyarakat merasa terayomi dan terlindungi. Bagi pelaku kejahatan, kehadiran Polisi berseragam akan membuat mereka berfikir seribu kali untuk melakukan aksinya.

Penulis : Ady

Editor : Umi Fadilah

Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password