Kasat Binmas Memfasilitasi Penyelesaian Adat Kasus Perzinahan Di Wamena

Tribratanews.polri.go.id. Polda Papua, Wamena – Kepala Kepolisian Resor Jayawijaya AKBP Yan Pieter Reba, SE, M.Si diwakili Kasat Binmas IPTU Sumadiyono Memfasilitasi pembayaran denda adat kasus perzinahan di kantor Sat Binmas Polres Jayawijaya, Senin (03/04/17) Sore.

Kasus perzinahan yang dilakukan oleh pelaku, Melfis Gombo dengan Yuliana Monim yang merupakan Istri dari Wiliam Wanimbo

Kapolres Jayawijaya AKBP Yan Pieter Reba, SE, M.Si melalui Kasat Binmas IPTU Sumadiyono menerangkan bahwa.kasus tersebut terjadi pada tahun 2016. Dan hari ini di kantor Sat Binmas Polres Jayawijaya kedua belah pihak sepakat untuk berdamai dimana.

Pelaku pun membayar denda Adat Berupa 5 ( Lima) Ekor Babi kepada korba Yuliana Monim Istri dari Wiliam Wanimbo.

“Hari ini kita saksikan bersama pembayaran adat kasus perzinahan yang mana sebagai tanda kedua belah pihak untuk berdamai, kasus ini sudah kita fasilitasi sebanyak 3 kali dimana tuntutan awal dari Weliam Wanimbo menuntut Melfis Gombo dengan denda adat sebesar Rp 5.000.000.000,- ( lima Milyard rupiah ), dan dari pihak Melfis Gombo menuntut Weliam Wanimbo, dengan tuntutan mengganti rumah dan seisinya yang telah dibakar,” terangnya.

Namun berkat mediasi yang dilakukan oleh Sat Binmas Polres Jayawijaya akhirnya kedua belah pihak sepakat untuk berdamai dengan pelaku hanya membayar 5 ekor babi kepada korban.

“Pelaku tidak akan menuntut ganti rugi rumah yang dibakar oleh korban, selanjutnya dibuatkan Surat Pernyataan penyelesaian masalah secara Adat,” tandas Kasat Binmas.

Penulis : Denta
Editor   : Umi Fadila
Publis   : Simson C F. Ayer

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password