Operasi Bina Kusuma Intan 2017 : Ratusan Liter Miras Disita Polres Balangan

Tribratanews.polri.go.id, Polres Balangan langsung action, setelah mendapatkan arahan dari Kapolres Balangan AKBP Moh. Zamroni, S.IK, puluhan personil Satuan Sabhara beserta anggota Binmas yang dipimpin oleh Kasat Binmas AKP Supadiyanto dan Kasat Sabhara AKP Tukiman, S.H melakukan pemeriksaan dibeberapa lokasi yang diduga sebagai tempat praktek jual beli minuman keras.

Terbongkarnya praktek jual beli miras ini saat anggota Sabhara yang di pimpin Bripka I Wayan melakukan giat Patroli di pasar Paringin Senin (3/4) pukul 12.00 wita, mencurigai pengendara sepeda motor yang sedang membawa 2 buah jerigen melintas, regu patroli tersebut langsung memberhentikan pengendara, saat dilakukan pemeriksaan ternyata isi dari jerigen tersebut adalah air aren atau bahan dasar membuat minuman keras jenis Toak. pelaku beserta barang bukti beserta air Aren sebanyak 40 liter dibawa ke Polres Balangan untuk dilakukan pemeriksaan intensif.

img1491230375969

Diketahui pelaku adalah TS (49) warga kelurahan Paringin Timur yang sudah pernah dilakukan pembinaan terkait kasus serupa, dari keterangan pelaku juga masih ada Tuak di rumahnya, kemudian bergegas personil meluncur ke lokasi dan ternyata benar bahwa dirumah pelaku ditemukan 15 liter Tuak.

Tidak hanya sampai disitu, pukul 13.30 wita Personil kembali menyisir lokasi yang dicurigai menjual minuman keras juga, alhasil, 60 liter Tuak yang dimiliki oleh MG (29) yang juga warga kelurahan Paringin Timur berhasil disita personil Polres Balangan meskipun sempat terjadi ketegangan pemilik minuman keras tersebut yang tidak terima Mirasnya diangkut.

Kapolres Balangan Melalui kasat Binmas AKP Supadiyanto membenarkan upaya penertiban tersebut, “Dari kedua pelaku berhasil disita Miras jenis Tuak sebanyak 115 Liter dan barang bukti berupa kayu manis yang dipakai sebagai campuran proses Fermentasi Tuak tersebut, kedua pelaku hanya dijerat dengan Tipiring dan harus menjalani sidang di pengadilan negeri Amuntai nantinya” ungkapnya.

Penulis: Lois Adi

Editor  : Umi Fadillah

Publish : Lois Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password