Dir Binmas Polda Papua Pimpin Apel Bhabinkamtibmas Se-Kabupaten Nabire Tahun 2017

Tribratanews.polri.go.id – Polres Nabire Papua, Bertempat di Aula Rastra Samara Polres Nabire pukul 09.00 Wit dilaksanakan Apel Bhabinkamtibmas Diikuti oleh Babinsa, Kepala Kampung, Tokoh Agama, Tokoh Adat, dan Tokoh Masyarakat di Polres Nabire Tahun 2017 , Senin (03/04/17) pagi.

Hadir dalam Apel Bhabinkamtibmas tersebut AKBP Ibrahim Ibu ( Kasubdit Bin Polmas Polda Papua), Mayor Inf Kusnadi ( PLH Danramil Kota Nabire), Iptu Luther Randabunga ( Kasat Binmas Polres Paniai), Para Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Nabire dan Polres Paniai, Para Babinsa Kodim 1705/PN serta Para Lurah/ Kepala Kampung Kabupaten Nabire dan FKPM (Forum Kemitraan Perpolisian Masyarakat).

IMG_8278 copySambutan dari Kapolres Nabire yang diwakili oleh Kasat Binmas Polres Nabire AKP Mardi Marpaung, S.Sos, menyampaikan bahwa Permohonan maaf dari Bapak Kapolres Nabire tidak dapat hadir mendampingi Bapak Dir Binmas Polda Papua, karena masih berada di Kabupaten Dogiyai dalam rangka Kedinasan, sambut Kasat.

Permohonan maaf dari Bapak Kabag Ops yang tidak sempat hadir mewakili Kapolres Nabire mengingat berbagai kegiatan terkait Sitkamtibmas Kabupaten Nabire, sambung Kasat.

“Diharapkan kegiatan Apel Bhabinkamtibmas ini diikuti dengan serius sehingga dapat menjadi referensi dalam pelaksanaan tugas”, ujar Kasat Binmas AKP Marpaung.

Dilanjutkan dengan arahan dari Dir Binmas Polda Papua Kombes Pol Drs. M. Ansori Arifin, “Dana desa yang dikeluarkan oleh Negara cukup signifikan sehingga perlu kerjasama kita dalam mengawali penggunaan dana desa sehingga tidak ada penyalahgunaan dana Desa / tepat sasaran”, kata Dir Binmas.

“Pengawalan penggunaan dana desa terutama dilaksanakan oleh tiga pilar Desa (Kepala Kampung, Babinsa dan Bhabinkamtibmas) dibantu oleh warga Masyarakat “, beber Dir Binmas.

“Untuk mendukung progam – progam Pemerintah salah satu faktor utama yaitu situasi yang Kondusif sehingga sangat diharapkan bagi tiga pilar Desa ( Kepala Kampung, Babinsa dan Bhabinkamtibmas ) agar dapat bersinergi untuk secara intensif mengajak / menghimbau warga masyarakat menjaga Sitkamtibmas diwilayah masing-masing yang mana saat ini merupakan masa Pilkada yang sangat perpotensi terjadinỵa Konflik SARA”, ungkapnya.

Terkait dengan masalah Ideologi adanya kelompok yang bersebrangan dengan NKRI saya berharap kepada tiga pilar Desa ( Kepala Kampung, Babinsa dan terlebih lagi Bhabinkamtibmas ) agar secara intensif melakukan Sosialisasi di sekolah-sekolah / lingkungan warga sekitar untuk tidak mudah terpengaruh oleh oknum / kelompok tertentu yang mau mengajak untuk besebrangan dengan NKRI , tandas Kombes Ansori.

“Saat ini pendaftaran Penerimaan POLRI sudah dibuka dan diharapkan kepada bapak / ibu yang memiliki putra / putri terutama putra Daerah agar dapat mengikutkan putra / putri terbaik untuk mengikuti seleksi dan tidak dipungut biaya dan apabila melihat / menemukan adanya sogok / menyogok agar dengan segera melaporkan hal tersebut”, tuturnya.

“Saya berharap tiga pilar Desa dapat melakukan Sosialisasi kepada warga masyarakat agar dapat mengaktifkan kembali Siskamling serta agar kita dapat bersama-sama bersinergi menjaga Sitkamtibmas diwilayah masing-masing karena tanpa peran serta Masyarakat bersinergi dengan tiga pilar Desa semuanya sia-sia “, pungkas Dir Binmas.

“Terkait dengan SABER Pungli, saya tergabung dalam Tim SABER Pungli sehingga kepada warga Masyarakat apabila menemukan PUNGLI terutama dalam pelayanan kepada Masyarakat untuk tidak segan-segan melaporkan hal tersebut untuk ditindak lanjuti”, tegas Kombes Ansori.

Diakhir arahannya, “ marilah kỉta antara tiga pilar Desa dengan bersinergi dengan Masyarakat dapat benar-benar melaksanakan amanat yang diberikan Negara dengan sungguh-sungguh sehingga penggunaan dana Desa benar-benar tepat sasaran dan juga bersinêrgi menjaga Sitkamtibmas agar tetap kondusif karena situasi yang kondusif merupakan pokok / substansi dinama situasi yang memungkinkan untuk melaksanakan segala aktiftas warga masyarakat, tutup Kombes Ansori Dir Binmas Polda Papua.

Direncanakan pada hari Selasa (04/03) bertempat di Aula Rastra Samara Polres Nabire akan dilaksanakan pelatihan Bhabinkamtibmas dan Teknis Dasar Pembuatan Perwabku Bhabinkamtibmas oleh Dir Binmas Polda Papua dan rombongan bersinergi dengan Satuan Binmas Polres Nabire. (*).

Penulis : Efer Lamba
Editor : Umi Fadillah
Publish : Efer Lamba

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password