Tinjau Pelaksanaan Ujian Di SMKN Kuala Tungkal,Kapolres Sekaligus Cek Personel Pengamanan

Tribratanews.polri.go.id – Polres Tanjabar, Jaajaran Polres Tanjabbar memberikan pelayanan pengamanan dan pengawalan pendistribusian naskah soal hingga pelaksanaan Ujian Nasional SMA/SMK/MA tahun pelajaran 2016/2017 berbsis UNBK dan UNKP yang sudah menyebar ke seluruh Kecamatan.

Pelaksanaan ujian Nasional akan dilaksanakan pada tanggal 3 s.d 6 April 2017 untuk tingkat SMK, tanggal 10 s.d 13 April 2017 untuk SMA/MA serta 15 s.d 22 dan 23 April 2017 untuk Paket C gelombang I.

6a55d4dc-fa1c-4e46-9de8-09e367afed84

Pola pengamanan dan pengawalan Soal serta pelaksanaan ujian. Adapun penanggung jawab pengamanan pada setiap wilayah dipimpin oleh Kapolsek jajaran yang melibatkan personel Intel dan para Bhabinkamtibmas.

Kapolres Tanjabbar AKBP Agus Sumartono, SIK, SH, MH dengan didampingi Kabag Ops Kompol. RP Nainggolan, Kabag Ren Kompol. Hotmaida, Kasat Intel AKP Deni Saputra dan Kasat Binmas Iptu. Yulius mengecek mengecek personel yang sedang melakukan pengamanan sekaligus memantau pelaksanaan ujian di Salah Satu SMK di Kuala Tungkal.

“Kita berikan pelayanan untuk pengawalan naskah soal Ujian Nasional SMA/SMK/MA ini dalam rangka pelaksanaan tugas secara preventif yang profesional, proporsional dan prosedural.Karena atas permintaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjabbar Nomor 800/488/Dikbud-3/2017 tanggal 31 Maret 2017.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan pengamanan dan pengawalan pendistribusian serta penyimpanan naskah soal ujian Nasioanl SMA/SMK/MA tahun 2017 ini, baik pihak Sekolah dan Kepolisian dapat saling bekerja sama agar pelaksanaan Ujian Nasional pada tahun 2017 ini dapat berjalan dengan aman dan lancar sehingga tidak ada pihak yang dirugikan,” ujar AKBP Agus Sumartono, saat dikonfirmasi tribratanews.polri.go.id disela-sela peninjauan Pelaksanaan UNBK di SMK Negeri 1 Kuala Tungkal, Senin (03/4/17).

Kapolres menjelaskan berdasarkan data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tahun pelajaran 2016/2017, Pengamanan dilakukan pada Rayon Kuala Tungkal yang berada di 45 titik sekolah penyelenggara se Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Untuk UNBK tingkat SMK, SMA/MA dilaksanakan oleh 8 sekolah, 5 di kota Kuala Tungkal, 2 di Ulu dan 1 di Betara.

“Untuk tingkat SMA/SMK diantaranya, SMKN 1, SMKN 2, SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3 yang berlokasi dalam Kota Kuala Tungkal. Dan SMAN 2 Tungkal Ulu, SMAS YPMM Tebing Tinggi, serta SMA 1 Betara,” jelas AKBP Agus Sumartono.

Berkat kerjasama semua pihak, hingga saat ini Pengamanan Soal Ujian Nasional tingkat SMA dan SMK dan pelaksanaan UNBK dan UNKP berjalan dengan aman dan lancar, pungkasnya.

Terpisah Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjabbar Martunis, SP.d mengungkapkan, meskipun sudah kewenangan provinsi untuk SMK dan SMA, kami masih membantu memfasilitasi salah satunya koordinasi tentang pengamanan dengan pihak Kepolisian Polres Tanjabbar.

Secara eksplisit, jelas dia, memang tidak disebutkan keharusan berkoordinasi dengan kepolisian. Namun, lantaran soal-soal dalam UNBK merupakan bagian dari dokumen negara, pengamanan dari pihak aparat sangat diperlukan.

“Alhamdulillah kita hari ini bersama-sama Bapak Kapolres Tanjabbar AKBP Agus Sumartono, SIK, SH, MH memantau langsung UNBK di SMK Negeri 1 Kuala Tungkal,” tukas Martunis didampingi Kepala SMKN 1 Kuala Tungkal Drs. Mafendra.(*)

Editor : Umi Fadilah

Publish : Alam/Veri

Sumber : Humas Polres Tanjabbar

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password