Kapolda Sulsel Secara Resmi Membuka Rakernis Intelkam Polda Sulsel di Hotel Harper

Tribratanews.polri.go.id – Makassar Sulsel, Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Kapolda Sulsel) Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Muktiono secara resmi membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Intelkam Polda Sulsel di Hotel Harper Makassar, Senin (3/4/17).

Diawal sambutannya Kapolda Sulsel mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh personel Intelkam Polda Sulsel atas kerja keras, desikasi dan kontribusi yang telah diberikan selama ini kepada organisasi melalui pelaksanaan tugas yang optimal demi kemajuan organisasi untuk mewujudkan Polri yang dipercaya masyarakat.

Momentum Rekernis Intelkam ini mengusung tema “Intelkam Polri Siap Melaksanakan Deteksi Aksi Guna Mereduksi Gangguan Kamtibmas 2017.”

“Melalui Rakernis ini saya berharap bias dimanfaatkan sebagai sarana untuk melakukan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan intelijen yang telah dilaksanakan serta membahas solusi terhadap permasalahan yang dihadapi dilapangan dalam rangka meningkatkan peran intelijen dalam pelaksanaan tugas Polri mewujudkan keamanan dalam negeri,” ujar Muktiono.

Perkembangan lingkungan strategis baik global, regional maupun nasional secara signifikan memberikan dampak terhadap kondisi keamanan dalam negeri sehingga dibutuhkan masukan dari fungsi intelijen yang akurat dan menyeluruh (holistik).

“Sehingga kebijakan yang akan kita bangun dapat sesuai dengan harapan masyarakat,” ucap Kapolda Sulsel.

Berbagai isu yang berkembang khususnya diwilayah Polda Sulsel menjadi perhatian, kata Kapolda, diantaranya :

  1. Berbagai isu yang berkembang tentang konflik Pemilukada.
  2. Perkembangan gangguan keamanan dan ketertiban yang diwarnai perkelahian antar kelompok dan remaja.
  3. Khusus quick wins dengan program pembentukan dan pengefektifan Satgas Ops Kontra Radikal dan Deradikalisasi (Khusus ISIS) dan Crash Program pelayanan masyarakat, pelayanan bersih dari percaloan menjadi garapan inti Dit Intelkam.
  4. Lakukan persiapan dan langkah-langkah strategis terkait pelaksanaan Pemilukada serentak yang akan dilaksanakan tahun dengan 13 daerah yaitu Pilkada Gubernur, 3 Kota dan 9 Kabupaten diwilayah Polda Sulsel, lakukan inventarisir kerawanan dan sejak awal sudah melakukan koordinasi dengan Pemda dan Stake Holder.
  5. Laksanakan pembinaan jaringan pada lapisan masyarakat dengan sungguh-sungguh sehingga pelaksanaan tugas intelijen dapat bersinergi dengan fungsi lain serta potensi masyarakat yang ada.
  6. Kuasai kerawanan daerah dan identifikasi setiap masalah secara tajam dengan memanfaatkan informasi dan teknologi, berdayakan alsus secara maksimal dengan Loockbook dan Out Come yang dihasilkan.

Lebih  lanjut Jenderal bintang dua ini menuturkan bahwa Polri sangan berkeinginan agar jajaran intelkam mampu mewujudkan fungsi intelijen kepolisian yang professional dalam menjalankan perannya sebagai mata dan telinga pimpinan di bidang early detection (Deteksi dini) dan early warning (Peringatan dini) dalam rangka mengantisipasi dan mencegah terjadinya gangguan kamtibmas.

“Dengan itu intelijen dapan memerankan diri sebagai ujung tombak dalam penanganan permasalahan gangguan kamtibmas pada tataran preemtif, sehingga dapat mendukung fungsi-fungsi kepolisian lainnya dan bersinergi dalam menangani tugas-tugas preventif dan represif,” pungkas Muktiono.

Intelkam saat ini selain berperan sebagai mata dan telinga pimpinan, kata Muktiono, juga berperan sebagai kaki tangan pimpinan, sebagai pengemban fungsi intelkam dituntut mampu menghilangkan potensi gangguan dan betindak lebih awal.

Harus disadari bahwa permasalahan yang diselesaikan pada tahap potensi gangguan maka tidak membutuhkan tenaga, dana serta kita tidak akan menanggung  resiko yang lebih besar dan fatal.

Diakhir sambutannya Kapolda Sulsel mengajak para peserta Rakernis untuk bersama-sama mengemban amanah dan kepercayaan masyarakat dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab.

“Semoga Allah azza wa jalla senantiasa memberikan ridho dan bimbingan-Nya kepada kita sekalian dalam mengabdikan diri kepada masyarakat, bangsa dan Negara,” tutup Kapolda Sulsel.

Penulis : Abd Rahman

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password