Kapolda Sulsel : Kejahatan adalah Produk Masyarakat

Tribratanews.polri.go.id – Makassar Sulsel, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan Irjen Pol. Drs. Muktiono menyampaikan kepada seluruh personel Polda Sulsel agar selalu semangat dalam melaksanakan tugas serta menjaga kesehatan pada saat apel pagi di lapangan apel Mapolda Sulsel, Senin (3/4).

Menurutnya (Kapolda Sulsel) tugas Polri tidak akan ada habis dan selesainya selama masih ada masyarakat, bahkan kedepan tugas-tugas Polri semakin berat seiring dengan semakin berkembangnya kehidupan masyarakat.

Perkembangan kehidupan masyarakat juga memicu munculnya berbagai macam kejahatan sehingga Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan serta penegak hukum dituntut semakin aktif dan professional dalam malaksanakan tugas.

“Kejahatan adalah Produk Masyarakat, jadi selamah masih ada masyarakat maka kita sebagai anggota Polri akan terus menerus bekerja.” Ujar Irjen Pol. Muktiono.

Menurut R. Soesilo pengertian kejahatan dapat ditinjau dari dua sudut pandang, yaitu :

  1. Pengertia Kejahatan dari sudut pandang yuridis, Kejahatan adalah suatu perbatan yang tingkah lakunya bertentangan dengan kaidah-kaidah dalam UU.
  2. Pengertian Kejahatan dari sudut pandang Sosiologis, Kejahatan adalah perbuatan atau tingkah laku yang selain merugikan si penderita juga merugikan masyarakat, yaitu berupa hilangnya keseimbangan, ketentraman dan ketertiban.

Kejahatan merupakan bagian dari kehidupan masyarakat dan merupakan peristiwa sehari-hari. Seorang Filsuf bernama Ciceromengatakan Ubi Societas, Ibi Ius, Ibi Crime yang artinya ada masyarakat, ada hukum dan ada kejahatan. Masyarakat saling menilai, berkomunikasi dan menjalin interaksi, sehingga tidak jarang menimbulkan konflik atau perikatan. Satu kelompok akan menganggap kelompok lainnya memiliki perilaku yang menyimpang apabila perilaku kelompok lain tersebut tidak sesuai dengan perilaku kelompoknya. Perilaku menyimpang ini seringkali dianggap sebagai perilaku yang jahat. Batasan kejahatan dari sudut pandang masyarakat adalah setiap perbuatan yang melanggar kaidah-kaidah yang hidup di dalam masyarakat. (http://www.pengertianpakar.com).

“Dengan mengetahui ini, kami berharap seluruh personel Polda Sulsel semakin semangat dalam melaksanakan tugas dan semakin meningkatkan kemampuan dalam menghadapi tantangan tugas kedepan yang semakin kompleks.” Tegas Irjen Pol. Muktiono.

Penulis : Hendrik P

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password