Benar-Benar Nekat, Pindahkan Rumah Hanya dengan Tangan Kosong

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Ditengah gencarnya perkembangan IT dan serbuan gadget sebagai mainan baru peradaban manusia, sifat gotong royong yang menjadi salah satu ciri khas bangsa Indonesia ternyata masih dipegang kuat oleh masyarakat Kabupaten Trenggalek utamanya pedesaan. Dalam hal apapun masyarakat selalu mendahulukan gotong royong.

Sama halnya saat rumah Kumar, warga Desa Dompyong Kecamatan Bendungan harus dipindahkan mengingat bangunan rumahnya berdiri di atas lahan yang rencana akan dibangun halte bus Damri jurusan Ponorogo-Bendungan-Tulungagung.

Kapolsek Bendungan Polres Trenggalek, AKP Sukeni, SH membenarkan hal tersebut.

“Rute bus Damri ini adalah rute baru karena sebelumnya tidak ada bus yang melintas melewati lereng gunung Wilis. Nah kebetulan rencana halte yang akan dibangun tepat di atas rumah warga”, jelas AKP Sukeni.

Yang menarik perhatian bukan soal pembangunan haltenya yang menjadi perhatian, tapi proses pemindahan rumah itu sendiri. Ya, rumah itu benar-benar dipindah dalam arti yang sesungguhnya. Sebelumnya, genting dan perabotan rumah disisihkan terlebih dahulu hingga rumah hanya tersisa kerangka dan bagian penyangga saja. Kemudian warga bergotong royong mengangkat rumah tersebut dan dipindahkan ke tempat yang dituju.

Aiptu Nanang, salah satu anggota Polsek Bendungan Polres Trenggalek yang turut serta bersama warga memindahkan rumah tersebut menuturkan, memindahkan rumah seperti ini sudah biasa dilakukan khususnya pada lahan datar dan lokasi yang tak terlalu jauh.

“Kalau harus melepas semua butuh waktu yang lama. Memindahkan lebih efektif. Tapi ya itu tadi, butuh tenaga banyak orang. Minimal lebih dari 20 orang”, jelas Aiptu Nanang.

Menurut Aiptu Nanang, adat dan budaya gotong royong seperti ini harus terus dilestarikan. Hal tersebut bisa dilakukan melalui pendidikan karakter di sekolah didukung dengan implementasi dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis : Ady

Editor : Umi Fadilah

Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password