Kapolda Kepri Pimpin Pelepasan Personel Brimob Untuk BKO di Polda Papua

Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Riau Irjen Pol Sam Budigusdian, MH Senin tanggal 3 April 2017 memimpin pelaksanaan upacara Keberangkatan Kompi Penugasan Sat Brimob Polda Kepri yang di BKO kan di Polda Papua guna penebalan pengamanan PT. Freeport Indonesia.  Pelaksanaan upacara yang berlangsung pukul 10.00 wib itu diikuti oleh Wakapolda Kepri, Irwasda Polda Kepri para pejabat utama Polda Kepri dan peserta upacara yang terdiri dari personel Polda Kepri.

Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian, MH  dalam amanatnya menyampaikan bahwa tujuan  upacara yang di laksanakan ini untuk mengecek kesiapan personel Brimob sekaligus melepas kompi penugasan Sat Brimob Polda Kepri BKO Polda Papua agar lebih siap baik kesiapan personel, materiil maupun kesiapan kemampuan dalam rangka penebalan pengamanan PT. Freeport Indonesia.

Seperti yang kita ketahui bersama baru-baru ini pemerintah mengeluarkan kebijakan strategis terkait kontrak PT. Freeport Indonesia, dimana kebijakan tersebut dinilai timpang oleh pihak perusahaan salah satunya adalah kebijakan divestasi sebesar 51% kepada pemerintah Indonesia sehingga perusahaan tersebut membuat langkah langkah untuk mempertahankan aset asetnya seperti mengancam akan melakukan PHK kepada para pekerja PT. Freeport jika pemerintah tetap bersikeras terhadap kebijakan strategisnya, tentu saja gelombang PHK yang direncanakan oleh perusahaan dapat memicu berbagai respon yang kurang baik dari para pekerja dan juga dapat mengganggu stabilitas keamanan khususnya di wilayah Papua. Oleh karena itu pimpinan polri menganggap perlu dilakukannya penebalan pengamanan di perusahaan tersebut sebagai tindakan preventif tentunya. Terlepas dari masalah ekonomi yang terdapat dalam masalah kontrak freeport, polri sebagai pengembangan tugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat sangat diharapkan dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah tersebut.

Polda Kepri Dalam hal ini Brimob Polda Kepri dipercayai kembali oleh pimpinan Polri untuk menugaskan 100 Ksatria Bhayangkara terbaiknya guna memback-up atau melakukan penebalan pengamanan di Papua khususnya di Daerah PT. Freeport indonesia. namun keamanan secara menyeluruh tetap dipercayakan kepada Polri dan merupakan tumpuan harapan rakyat  Indonesia demi  terselenggaranya Indonesia yang berdaulat, aman dan tertib.

WhatsApp Image 2017-04-03 at 13.17.30 (1)

 

Penugasan ini tidaklah ringan justru merupakan tugas yang penuh tantangan, maka kalian sebagai Brimob Polri yang merupakan andalan Polri dalam menghadapi ancaman yang berintensitas tinggi, diharapkan mampu melaksanakan tugas ini dengan baik, aman dan sukses.

Kapolda Kepri menginginkan kepada seluruh personel BKO untuk menghindari tindakan yang dapat memicu unjuk rasa atau konflik. Hindari tindakan yang merugikan, membahayakan diri sendiri dan kesatuan tetap jaga nama baik kesatuan kita. Jaga hati masyarakat, tetap disiplin dalam pergerakan sehari hari sesuai dengan SOP yang ada jauhi pelanggaran sekecil apapun.

Irjen Pol. Drs. Sam Budigusdian, MH menegaskan kembali akan kepercayaan yang diberikan pimpinan Polri dalam membantu Polda papua. Agar dapat menciptakan kondisi keamanan yang kondusif nantinya hal itu  harus benar-benar dapat dijadikan perhatian dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya

melalui sinergitas dan netralitas semua anggota. Dengan kesiapan yang dimiliki diharapkan dengan kehadiran rekan-rekan dapat membantu kewilayahan khususnya wilayah papua dapat tercipta situasi dan kondisi yang aman serta berjalan lancar.

Dalam amanatnya Kapolda Kepri juga berpesan kepada personel yang di tugaskan untuk BKO di Papua agar selalu bersyukur dan senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa sebagai landasan moral pengabdian terhadap Bangsa dan Negara, Melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, gunakan cara persuasif dalam setiap tindakan dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan guna membangun Public trust terhadap Polri. Segera menyesuaikan diri /beradaptasi dan hargai adat istiadat masyarakat setempat, jaga sikap dan prilaku selama bertugas dan hindari perbuatan yang dapat merusak citra polri khususnya merusak image Polda Kepri. senantiasa menjaga fisik, stamina dan kesehatan serta soliditas, solidaritas dan semangat juang untuk menghadapi tugas-tugas yang akan dilaksanakan, jaga kesehatan dan keselamatan serta pegang teguh disiplin, bertindak sesuai dengan SOP yang berlaku serta selalu waspada dan pegang teguh prinsip Brimob “Sekali melangkah pantang menyerah, sekali tampil harus berhasil, jiwa ragaku demi kemanusiaan.

 

Penulis : Khoirul Anwar

Editor  : Pak Iqbal

Publish : RR. Arikawati

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password