Gelar “Sutan Rajo Paga Alam” Resmi Disandang Jenderal Polisi Tito Karnavian

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumbar, Kapolri Jenderal Polisi Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A, Ph.D secara sah menerima gelar kehormatan Sangsako Adat Alam Minangkabau, Minggu (2/4) malam di Mapolda Sumbar.

Gelar tersebut diberikan oleh suku Sikumbang di Kamang Mudiak Kabupaten Agam Provinsi Sumbar, Jenderal Polisi Tito Karnavian memperoleh gelar “Sutan Rajo Paga Alam”, sedangkan istri beliau ibu Ir. Tri Suswati mendapat gelar “Siti Linduang Alam”.

Baca berita terkait : Terima Gelar Adat Minangkabau, Kapolri : Terimakasih Masyarakat Sumbar

Dalam kegiatan ini disaksikan oleh Gubernur Sumbar Prof DR. Irwan Prayitno, Ketua DPRD Provinsi Sumbar, Ketua LKAAM Sumbar, Ketua LKAAM Kabupaten se Sumbar, Tokoh Adat Ninik Mamak, Panghulu suku Sikumbang beserta Bundo Kanduang.

Selain itu juga hadir beberapa pejabat utama dari Mabes Polri, pejabat utama Polda Sumbar, Kapolres sejajaran Polda Sumbar, Bupati dan Walikota se Sumbar atau yang mewakili.IMG_20170403_004033Pemberian gelar adat tersebut ditandai dengan pemasangan Deta atau destar (tutup kepala), kemudian pemberian keris dan tongkat kepada Kapolri yang diberikan oleh Ketua LKAAM Sumbar. Selanjutnya dilakukan penandatanganan pemberian gelar oleh Ketua LKAAM Sumbar, Gubernur Sumbar Prof. DR. Irwan Prayitno dan juga Kapolri sebagai penerima gelar adat.

Baca berita terkait : Tiba di Polda Sumbar, Kapolri Disambut Tari Pasambahan

Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar, Sayuti DT. Rajo Panghulu mengatakan bahwa gelar Sangsako yang diberikan kepada Kapolri beserta istri diberikan kaum Suku Sikumbang Kamang Mudiak Agam.

“Gelar Sangsako merupakan gelar kehormatan yang diberikan kepada seseorang, yang berjasa untuk Minangkabau, Agama, Bangsa dan Negara”, ucap Sayuti.

Ketua LKAAM menjelaskan bahwa Kapolri Jenderal Polisi Drs. Tito Karnavian merupakan sosok pemimpin muda yang cerdas, sehingga layak untuk diberikan gelar tersebut.

“Gelar yang diberikan tidak dapat diturunkan kepada anak dan abadi untuk sipemakai gelar tersebut, namun apabila gelar tersebut tidak dipakai lagi akan dikembalikan ke kaum Suku Sikumbang”, jelasnya. (*).

Penulis : R. Fauzi
Editor : Umi Fadilah
Publish : R. Fauzi

Admin Polri55933 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password