Polisi Meringkus 6 Pelaku Pencurian yang 3 diantaranya Masih Berstatus Pelajar di Biak, Papua

Tribratanews.polri.go.id Papua, Polres Biak Numfor – Lagi-lagi tiga orang anak dibawah umur yang masih berstatus pelajar menjadi pelaku pencurian di Biak berhasil ditangkap polisi dari sat reskrim Polres Biak Numfor. Sabtu (1/4) malam.

Ketiga pelaku IS (16 thn), NL (15 thn), RD (16), ketiganya masih berstatus sebagai pelajar salah satu SMA di Biak dan satu pelaku RO yang sudah dewasa, keempatnya kini mendekam dibalik jeruji Polisi. Naasnya, mereka yang pelajar pada Senin besok bakal mengikuti ujian, Polisi pun berupaya memberikan kesempatan kepada pelaku pencurian itu untuk bisa mengikutinya, namun dengan pengawasan penuh.

Keempatnya sudah diamankan petugas bersama barang bukti hasil curian berupa mesin gurinda dua buah, mesin babat, kunci set, dan travo. Mesin tersebut mereka ambil di Gudang salah satu Pabrik Kopi ternama di Biak, yang kejadiannya sekitar seminggu lalu. Kasus ini sekaligus menambah catatan panjang kasus-kasus pencurian yang terjadi di Biak yang dilakukan anak yang masih dibawah umur.

Kata Kapolres Biak Numfor AKBP H. Hadi Wahyudi, SIK melalui Kasat Reskrim AKP I Wayan Laba, SH didampingi Kanit Opsnal Aipda Lintar Hariyadi mengatakan TKP pencurian dilakukan di Gudang Pabrik Kopi Garuda di Kampung Sorido Biak. Pencuri ini beraksi saat mengetahui posisi gudang dalam keadaan tidak terpantau, dan menjalankan aksinya saat malam hari.Awalnya para pelaku mencungkil pintu menggunakan linggis, kemudian satu orang diantara mereka memasuki gudang, dan yang lainnya memantau dari luar untuk melihat keadaan disekitar. Tak lama berselang setelah dinyatakan aman, mereka semua pun mulai menggasak apa yang bisa mereka bawa pulang. Kenyataannya barang-barang hasil curian itu digunakan untuk dijual dan uangnya untuk membeli minuman keras.

“Biasa alasannya untuk pake beli minuman keras, mau pesta miras. Mereka sudah komplotan, otaknya itu sudah sering melakukan pencurian di Inggiri,” ujar Kasat Reskrim

IMG_20170402_225725

Selain dari empat pelaku tersebut, Polisi juga telah melakukan penangkapan kasus pencurian lainnya oleh Satreskrim yakni di Jalan Budaya belakang Patina Biak. Dua orang yang sudah dewasa adalah KL dan CL berhasil diamankan petugas, dengan barang bukti yang diamankan yakni satu unit laptop dan dua unit speaker ukuran sedang dan kecil.

Dalam melakukan aksi ini juga KL dan CL mencungkil jendela menggunakan besi semacam linggis kecil dan setelah berhasil dibuka kemudian mereka memasuki rumah itu. Kejadian saat malam membuat para penghuni terlelap, CL dan KL kemudian membawa lari barang hasil curian tersebut.

Penulis : Ruslan
Editor : Umi Fadillah
Publish : Ruslan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password