Pengamanan Exlusive Polwan pada Kunjungan Menteri di Tanggamus Lampung

Tribratanews.polri.go.id – Polres Tanggamus. Kepolisian Resor Tanggamus melaksanakan pengamanan kunjungan kerja Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Dr. Ir. Siti Nurbaya M.Si., dalam rangka Kemah konservarsi memperingati Hari Bhakti Rimbawan Ke-34 dan Hari Hutan Internasional Tahun 2017 Provinsi Lampung di Sekolah SUPM Negeri Kota Agung Tanggamus, Minggu (2/4/17) pagi.

Kedatangan rombongan disambut marching band SUPM Negeri Kota Agung , tarian sembah batin sebagai tari adat untuk menyambut raja atau tamu dilanjutkan tari sakura cakak buah yang merupakan tari yang mempertunjukan panjat pinang dengan maksud kebersamaan dan ke gotong royongan dan hasil dari panjatan tadi akan di bagikan

Sambutan pembuka Kepala Balai Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Timbul Batubara mengatakan Provinsi Lampung memiliki sumberdaya alam hutan yang lengkap, terdapat hutan konservasi, hutan produksi, hutan lindung termasuk didalamnya taman hutan raya. Oleh karenanya saat  ini program dilakukan pemerintah untuk mempercepat kembalinya hutan lampung menjadi hidup kembali dengan fungsi yang optimal. Diatara hutan-hutan itu akan menjadi fokus dalam pembangunan lampung seperti taman hutan Wan Abdul Rahman yang merupakan kebanggaan pemerintah pemanfaatan hutan tersebut menjadi pusat pendidikan, pelatihan dan pariwisata.

Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili yang hadir mendampingi Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI saat pelepasan burung ke alam bebas.
Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili yang hadir mendampingi Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI saat pelepasan burung ke alam bebas.

“dalam waktu dekat ini akan dijadikan pusat Observatorium teropong bintang yang bekerjasama dengan Institute Teknologi Sumatra, ITB serta Lapan yang nanti dimulai rangakaian pencarian hilal di gunung betung hutan taman raya Wan Abdul Rahman” terangnya.

Selain itu, lanjut Kepala TNBBS puncak acara Bhakti Rimbawan ke 34 akan diserahkan pemanfaatan air, sehingga kesadaran terwujud pentingnya TNBBS bagi masyarakat sekitar dan aksi konservasi untuk penyadar tahunan masyarakat terhadap hutan dan konservasi.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya M.Si., menyampaikan bahwa agenda kunjungan kerja dalam rangka Kemah konservarsi memperingati Hari Bhakti Rimbawan Ke-34 dan Hari Hutan Internasional Tahun 2017 di Kabupaten Tanggamus Lampung yang sangat penting untuk menjadi traider atau gerakan nasional konservasi hutan.

Pada kesempatan tersebut dibacakan Pengukuhan Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia Provinsi. Lampung dilanjutkan Pengukuhan Anggota Baru Kander Konservasi Binaan Balai Besar TNBBS serta Lounchin School My Darling, Penyerahan Izin Usaha Penyediaan Jasa Wisata Alam, Ijin Usaha Cindramata, Usaha Jasa Makanan Dan Minuman, dan Penyerahan Izin Pemanfaatan Air, Penyerahan SK Penetapan Pemanfaatan Damar Mata Kucing Pada Zona Tradisional Di Resort Balai Kencana  TNBBS dan Penyerahan Bantuan Peralatan Pengembangan Wisata Dari Balai Besan TNBBS Oleh Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dilanjutkan Pemberian nama Harimau Sumatra dan Lounching Project” Tranforming Effectiveness Of Biodiverssity Coservation In Priority SumatranLancapes”di Lanskap

Menteri dan rombongan juga melakukan kunjungan stand pamaren pengenalan produk unggulan di setiap wilayah mitra kehutanan lalu penaburan benur udang di tambak milik sekolah, pelepasan puluhan ekor burung kutilang emas dan perkutut di lokasi yang sama. Dilokasi berbeda penanaman pohon ketapang, waru dan sejenis beringin serta berbagai macam tumbuhan pohon dengan maksud penghijauan pesisir pantai.

Sementara, Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, S.Ik., M.Si yang turut hadir pada kegiatan tersebut mengatakan pengamanan kujungan Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan rombongan diterjunkan puluhan personil baik pengaturan lalu lintas, pengamanan tertutul dan terbuka secara melekat oleh Polwan Polres Tanggamus.

“Pengamanan dilaksanakan melalui pengaturan lalu lintas, pengamanan tertutup dan terbuka secara melekat Polwan Polres Tanggamus kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Dr. Ir. Siti Nurbaya M.Si.” ujar AKBP Alfis Suhaili.

Kunjungan kerja Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya M.Si juga dihadiri Sekjen Kementrian Lingkunga Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Bambang Hendroyono MM., Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata lingkungan Prof. San Afri Awang, Kabiro Humas Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, Inspektur 3  Inspektorat Jendral Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, Inspektur 2 Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, Direktur Inventarisasi dan Pemantauan Sumberdaya Hutan, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati,  Kepala Pusat Litbang Kebijakan Dan Perubahan Iklim, Kepala Balai Taman Nasional Se-Indonesia, KUPT Kepala Balai KSDAL Se-Indonesia, Sekda Prov. Lampung Ir. Sutono MM., Plt. Sekda Tanggamus Andri Wijaya ST.MM,  Kapolres Tanggamus AKBP Afis Suhaili, S.IK.MSi., Dandim 0424 Tanggamus Letkol Inf. Hista Soleh Harahap,.Fokopimda Kab. Tanggamus,.Gerakan Pramuka Lingkup Prov. Lampung, Peserta Kemah Konservasi dan Tamu Undangan, sampai berakhirnya acara jam 12.00 Wib berjalan aman dan kondusif. (*).

Penulis   : N.Muslih
Editor      : Umi Fadilah
Publish   : N.Muslih Lpg

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password