Kehadiran Anggota Polri di setiap Waktu guna Menjamin Keamanan dan Kenyamanan Aktivitas Masyarakat

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Meski hari libur, jajaran Satsabhara Polres Trenggalek tetap siap siaga menjalankan tugasnya memelihara Kamtibmas kondusif di seluruh wilayah Kabupaten Trenggalek. Tugas pokok Satsabhara sendiri sebagaimana disebutkan dalam HTCK (Hubungan Tata Cara Kerja) adalah melaksanakan Turjawali dan pengamanan kegiatan masyarakat, instansi pemerintah, objek vital, TPTKP, penanganan Tipiring, dan pengendalian massa dalam rangka pemeliharan keamanan dan ketertiban masyarakat serta pengamanan markas.

Khusus Unit Pengamanan Objek Vital, memiliki tugas dan kewenangan yang tidak mudah diantaranya, mengatur, menyusun dan membagi tugas pengamanan obyek vital meliputi proyek / instalasi vital, obyek wisata, kawasan tertentu dan obyek lainnya termasuk VIP yang memerlukan pengamanan Kepolisian,  mengendalikan pelaksanaan tugas pengamanan Obvit secara langsung di lapangan maupun dalam pelaporan yang dibuat setelah melaksanakan tugas dan memberikan petunjuk/arahan kepada petugas pelaksana sesuai atensi pimpinan secara aplikatif yang dapat dipahami dan dilaksanakan oleh petugas.

Dalam implementasinya di lapangan, jajaran Satsabhara Polres Trenggalek membagi personelnya untuk melaksanakan patroli dan pengamanan objek vital yang ada di Kabupaten Trenggalek.

Kasatsabhara Polres Trenggalek, AKP Rudi Purwanto, SH menuturkan, untuk pengamanan Bank dilaksanakan pos statis artinya petugas pengamanan dilaksanakan selama 1 x 24 jam penuh. Sedangkan objek vital lainnya dilaksanakan patroli rutin yang bersifat mobile.

“Khusus proyek bendungan di Desa Nglinggis kami siagakan 1×24 jam mengingat ada Pos Handak disana”, jelas AKP Rudi.

Sementara itu petugas patroli Obvit menggelar patroli mobile minimal 1 jam sekali meliputi gardu PLN, pusat perbelanjaan dan toko emas.

“Patroli mobile dilakukan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat serta memastikan bahwa tidak terjadi tindak kriminalitas, sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman”, ujar AKP Rudi.

Penulis : Ady

Editor : Umi Fadilah

Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password