Kepergok Saat Beraksi, Pelaku Curanmor di Bone Nyaris Diamuk Massa

Artikel, Kepergok Saat Beraksi, Pelaku Curanmor di Bone Nyaris Diamuk Massa

Tribratanews.polri.go.id – Bone Sulsel, Rahmat alias Golo (23) warga lingkungan Daree Kelurahan Cellu Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone, nyaris diamuk massa usai kepergok mencuri sepeda motor (curanmor) yang terparkir disamping rumah Korban diketahui bernama Nabang (56) warga Mattanete Bua Kecamatan Palakka Kabupaten Bone.

Pria pengangguran itu ditangkap di jalan majang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupten Bone sesaat setelah menjalankan aksinya, Jumat, (31/04/2017).

Aksi Rahmat awalnya diketahui oleh korban yang melihat pelaku mendorong sepeda motor miliknya jenis Yamaha New Mio Blue Core warna merah sehingga korban dibantu warga setempat langsung melakukan pengejaran.

Beruntung Tim Opsnal Polsek Tanete Riattang jajaran Polres Bone dipimpin Aiptu Tahir saat melakukan patroli melintas di tempat kejadian perkara (Tkp) dan turut melakukan pengejaran, pelaku pun berhasil diamankan tak jauh dari Tkp.

Usai diamankan, dari tangan pelaku ditemukan sebilah badik yang diselipkan di pinggang sebelah kirinya dan disita oleh petugas.

Warga yang geram melihat kelakuan pelaku nyaris menghakimi sang maling namun dengan kesigapan aparat berpakaian preman tersebut langsung melarikan pelaku ke Mapolsek Tanete Riattang bersama barang bukti berupa 1 unit sepeda motor jenis Yamaha New Mio Blue Core warna merah, No Pol DW 6929 EA serta sebilah badik untuk menjalani menjalani pemeriksaan pihak Kepolisian.

Kapolsek Tanete Riattang Kompol H. Syamsu Alam membenarkan peristiwa tersebut.

“Saat ini pelaku tengah menjalani pemeriksaan di Polsek Tanete Riattang dan turut pula diamankan satu unit motor curian serta sebilah badik yang disita aparat dari tangan pelaku saat proses penangkapan” tutur Kapolsek.

Tindak Pidana Pencurian di wilayah Kabupaten Bone mendapat perhatian khusus  dari Kapolres Bone Akbp Raspani, S.Ik dan dengan tegas mengatakan tidak ada ampun bagi para pelaku apalagi yang merupakan residivis yang kerap melakukan aksi kriminal. Memberikan apresiasi kepada anggotanya yang terus berupaya mengungkap kasus-kasus pencurian maupun kasus kriminal lainnya.

“Tidak ada ampun buat para pelaku pencurian, apalagi yang merupakan residivis, ini merupakan kerja nyata dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat” tegas mantan Kapolres Mamuju Utara tersebut.

Beberapa faktor yang mengakibatkan terjadinya pencurian disebabkan banyak hal. Faktor penyebabnya antara lain :

– Faktor ekonomi

Hal ini dialami oleh rakyat kecil yang tidak mampu membeli barang kebutuhannya, seperti sandang, pangan, papan. Alasan mereka mencuri mayoritas adalah karena terpaksa mencuri untuk menghidupi keluarganya.

– Pengangguran

Meningkatnya pengangguran sangat berpengaruh besar terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat. Masyarakat dengan tingkat kesejahteraan yang rendah cenderung untuk tidak mempedulikan norma atau kaidah hukum yang berlaku. Oleh karena tidak memiliki pekerjaan yang tetap, maka pelaku mencuri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

-Tingkat pendidikan rendah

Rendahnya tingkat pendidikan seseorang juga mempengaruhi daya pikir seseorang untuk membuat keputusan dalam bertindak. Bila pendidikan rendah, maka orang akan melakukan kejahatan tanpa memikirkan akibat dari tindakannya tersebut.

– Tidak memiliki penghasilan yang cukup

Hal ini berpengaruh besar karena apabila seseorang tidak memiliki penghasilan yang cukup untuk keluarganya, maka ia akan menghalalkan segala cara untuk menghidupi keluarganya.

– Penyakit

Contohnya adalah kleptomania yang suka mengambil barang milik orang lain walau ia tidak membutuhkannya, hanya sebatas rasa ingin memiliki saja.

Beberapa cara untuk menanggulangi pencurian dapat dilakukan seperti : memberi penyuluhan, meningkatkan keamanan, misalnya pada kendaraan menggunakan alarm, memasang kunci stang, menghindari parkir di tempat sepi, memastikan semua pintu terkunci dan tidak meninggalkan barang berharga dalam mobil.

Pada rumah lebih baik dipasang alarm keamanan, timer yang dapat menyalakan dan mematikan lampu secara otomatis saat tidak ada orang di rumah, memelihara anjing penjaga dan memasang kunci ganda, menggunakan jasa petugas keamanan. Sementara hal yang dapat dilakukan untuk menghindari pencurian pada ATM sebaiknya menggunakan password yang sulit ditebak orang lain.

Penulis : Abd Rahman

Editor :Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password