Bedah Rumah di Kaltim: Polres PPU Sulap Rumah Reyot Jadi Layak Huni

Tribratanews.polri.go.id PENAJAM,- Kegembiraan Khairuddin (52), warga RT 01 Kelurahan Maridan, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur,  tak bisa disembunyikan ketika rumahnya yang dulu mirip gubuk reyot dan hampir roboh, berubah menjadi rumah berdiri kokoh dengan halaman kayu yang cukup luas.

“Terimakasih banyak Pak Kapolres…, saya tak tahu bagaimana membalasnya,” ucap Khairuddin, sembari memeluk Kapolres PPU, AKBP Teddy Ristiawan, SH, SIK, MH,  ketika menerima rumah hasil program Bedah Rumah Gerakan Peduli Lingkungan (Ge Pe El) Polres PPU, Polda Kaltim Jumat (31/3/2017).

1-BEDAH-RUMAH4aHaru dan bercampur bahagia yang tergambar pada Khairuddin bersama istri dan 6 anaknya makin tergambar setelah bersama Kapolres PPU melakukan pengguntingan pita di depan pintu rumahnya, dan dilanjutkan penyerahan kunci rumah yang kini sudah berubah total. Mereka tak sabar untuk melihat ke dalam rumah yang akan menjadi tempat tinggal “barunya”.

“Bhakti sosial peresmian sekaligus penyerahan rumah kepada Pak Khairuddin ini merupakan hasil program bedah rumah Polres PPU dan  bantuan sembako bagi warga yang kurang mampu,” kata AKBP Teddy Ristiawan.

1-BEDAH-RUMAH5aKapolres PPU yang datang bersama Wakapolres PPU Kompol Nina Ike Herawati, para Kabag dan Kasat Polres PPU, Kapolsek Sepaku, mengatakan program bedah rumah ini merupakan yang keenam kalinya sejak kegiatan“Ge Pe El” diluncurkan oleh jajaran Polres PPU. Program ini bisa berlangsung berkat partisipasi jajaran anggota Polres PPU hingga Polsek-polsek yang menyumbangkan dana berupa uang maupun sembako, untuk disumbangkan kepada warga yang memang layak dibantu.

1-BEDAH-RUMAH3a“Pada proses awalnya, Bhabinkamtibmas mencari info warga kurang mampu di lapangan. Setelah dilakukan verifikasi, dan setelah dinyatakan layak, tim akan turun ke lapangan untuk melaksanakan bedah rumah. Untuk pengerjaan di rumah Pak Khairuddin ini sekitar 10 hari kerja. Kami kerahkan anggota untuk begotong royong melakukan perombakan dan perbaikan, hingga seperti ini,” kata Kapolres PPU AKBP Teddy Ristiawan.

1-BEDAH-RUMAH7aDalam bedah rumah kali di rumah Kairuddin ini, tidak saja rumahnya yang harus dirombak seluruhnya, dengan kontruksi kayu dan atap yang baru, tetapi juga pada halaman rumah yang terbuat dari batang dan papan kayu ulin. Maklum, rumah Kairuddin yang sehari-hari sebagai tukang ojek ini letaknya di atas rawa-rawa.

Warga sekitar yang menyaksikan penyerahan rumah, termasuk di antaranya,  Lurah Maridan Hendro Susilo beserta  ketua-ketua RT sangat antusias menyambut kedatangan Polres PPU dan  jajarannya.

Penulis : Baim
Editor : Umi Fadilah
Publish : Humas Polda Kaltim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password