Jaga Kamtibmas Kota Surakarta dengan Komonikasi Sosial Masyarakat antara POLRI, TNI dengan Masyarakat

 

Tribratanews.polri.go.id. Polresta Surakarta. Membangun sinergitas kemitraan antara aparat baik Kepolisian, Pemerintahan, maupun TNI dengan masyarakat tidak bisa dilakukan secara instan. Perlu komitmen bersama dan juga kiat-kiat atau upaya yang kuat serta berkesinambungan. Salah satunya dengan mengintensifkan komunikasi sosial. Seperti yang telah dilakukan oleh Polsek Laweyan pada hari Kamis (30/03/2017) yaitu menyelenggarakan sebuah acara ‘Rembug Kamtibmas Warga Pajang’.
Berselang sehari setelah acara Rembug Kamtibmas tersebut, giliran Koramil 01 Laweyan / Kodim 0735 Surakarta pada hari Jumat (31/03/2017) memprakarsai sebuah acara ‘Komsos (Komunikasi Sosial) Dengan Masyarakat Laweyan’ yang dilaksanakan mulai pukul 20.00 – 22.00 WIB di Aula Kecamatan Laweyan Jalan Dr. Radjiman Kel. Penumping Kec Laweyan Surakarta dan dihadiri oleh lebih kurang 50 orang peserta.

Hadir dalam acara tersebut Agung Nugroho SSos MM Camat Laweyan. Kompol Saprodin SH MH Kapolsek Laweyan. Kompol Santoso SE MH. Kapten Inf Kamalita Danramil Laweyan. Kapten Cpl Warji Passipers Kodim 0735 Surakarta. Lurah Kec. Laweyan.

Bhabinkamtibmas Polsek Laweyan. Babinsa Koramil Laweyan Toga dan Tomas Kec. Laweyan. LPMK Kec. Laweyan.

Dalam sambutannya, Camat Laweyan Agung Nugroho SSos MM mengucapkan terimakasih bahwa dari awal Januari sampai bulan Maret ini banyak kegiatan di wilayah Laweyan baik dari Polsek maupun Koramil yang mengadakan kegiatan dengan masyarakat di wilayah kecamatan Laweyan yang berlangsung aman dan lancar.

“Kegiatan di kewilayahan contohnya di Kelurahan Pajang kemarin telah menggelar acara sarasehan Kamtibmas yang dihadiri langsung oleh Bapak Wakapolresta ini adalah sesuatu yang sangat bagus untuk menjaga kondusifitas masyarakat.

Harapannya tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh elemen masyarakat serta pemerintah dapat bekerjasama dan bersinergi dalam wilayah sehingga kondusifitas keamanan benar-benar terjaga”, tambahnya.

Selanjutnya pada kesempatan itu Kapolsek Laweyan Kompol Saprodin juga menyampaikan beberapa informasi dan program terkait Kamtibmas diantaranya :

1. Program Polri untuk masyarakat antara lain dengan kegiatan silahturahmi dan menampung semua aspirasi masyarakat. Silahkan usulan yang terkait tugas kepolisian disampaikan, bisa melalui Bhabinkamtibmas atau langsung ke kantor, kami siap mendukung dan melakukan langkah-langkah yang tepat di masyarakat.

2. Kapolresta telah melaksanakan program Pos Pagi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Masyarakat yang membutuhkan pelayanan kepolisian Pos Pagi bisa menghubungi ke Polsek atau Polresta.

3. Permasalahan masyarakat bisa langsung dilaporkan kepada Kepolisian untuk ditindaklanjuti, misalkan kalau ada masalah kumpul kebo di kost atau narkoba bisa langsung dilaporkan melalui Bhabinkamtibmas atau langsung hubungi kantor Polisi terdekat. Termasuk masalah kalau terjadi banjir bisa langsung komunikasikan dengan Polisi atau TNI untuk segera didatangkan bantuan.

4. Kapolsek siap untuk dikoreksi apabila melakukan kesalahan, silahkan kirim kritik atau saran apabila ada kesalahan.

5. Masalah yang paling utama sekarang adalah berita hoax karena berita tersebut dapat menimbulkan gangguan dan keresahan di masyarakat. Masyarakat juga jangan mudah percaya dengan berita propaganda atau iming-iming penipuan, contohnya berita mendapatkan undian atau salah satu keluarga mendapatkan masalah narkoba atau kecelakaan kemudian di suruh mentransfer uang kepada seseorang yang mengaku polisi atau pejabat.

6. Wilayah Karangasem perlu dikerjakan dan ditempel dengan benar-benar serius serta adanya penindakan untuk antisipasi tindak pidana yang sering terjadi di sana misalnya di adakan penyambangan secara rutin atau didirikan Pos Polisi disana karena banyaknya kost yang penghuninya rata-rata tidak peduli dengan lingkungan.

Danramil 01 Laweyan Kapten Inf Kamalita juga menambahkan informasi program yang dilakukan oleh TNI AD di kewilayahan, diantaranya :

1. Program TNI AD yaitu membantu tugas Kepolisian dan Pemerintah Kota, terutama masalah pembinaan wilayah.

2. Masing-masing Kelurahan silahkan mengajukan progran untuk kemudian di laksanakan dengan program TMMD. Korem 074 mempunyai ekskavator, kalau ada masyarakat atau kelurahan membutuhkan silahkan mengajukan untuk digunakan untuk kemakmuran masyarakat, contohnya kemarin ada pengerukan di Kerten.

3. Program penghijauan sementara ini kita susah mencari lokasinya, Korem mempunyai jutaan pohon sengon, silahkan kalau masyarakat membutuhkan.

4. Pentingnya pemberitahuan atau laporan. Kami harap demi keamanan di wilayah Laweyan, kalau ada masalah silahkan segera laporkan atau langsung disampaikan kepada Babinsa atau Bhabinkamtibmas ataupun Linmas supaya dapat segera di selesaikan.

Acara Komsos dengan warga Laweyan ini juga diisi dengan perkenalan calon pejabat Kapolsek dan Danramil 01 Laweyan yang dalam waktu dekat akan melaksanakan Serah Terima Jabatan.

Kapolsek Laweyan Kompol Saprodin akan menyerahkan tugas dan tanggung jawab sebagai Kapolsek Laweyan kepada Kompol Santoso. Sedangkan Kapten Inf Kamalita akan menyerahkan tugas dan tanggung jawab sebagai Danramil 01 Laweyan kepada Kapten Cpl Warji.

Acara Komsos dengan warga Laweyan ini berlangsung dalam suasana penuh keakraban dan terlaksana dengan lancar.

Penulis : Heri Laweyan
Editor    : Umi Fadhila
Publish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password