Kebersamaan Bripka Resky Bhabinkamtibmas Nalu Baolan Tolitoli dengan Warga dalam Tradisi Pindah Rumah

Tribratanews.polri.go.id – Polres Tolitoli, Sulteng, Sudah banyak yang mengetahui salah satu tradisi dari suku Bugis ini, yaitu pindah rumah. Jika pada umumnya orang yang pindah rumah hanya perabotan di dalamnya saja yang dipindahkan, lain halnya dengan suku Bugis, dengan rumahnya sekaligus di angkat.

Untuk memindahkan rumah, maka hal pertama yang dilakukan adalah perabotan rumah yang mudah pecah atau mudah bergerak seperti keramik, piring atau barang-barang elektronik dikeluarkan terlebih dahulu.

Sementara isi rumah yang besar seperti lemari, tempat tidur dan sebagainya tetap dipertahankan dengan tetap memperhitungkan berat dari rumah yang akan diangkat.

Hal yang paling utama dari mengangkat dan memindahkan rumah ini adalah, rumahnya harus terbuat dari kayu, atau masyarakat sekitar menyebutnya dengan “rumah panggung”, jika rumahnya permanen, mana bisa diangkat, Hal kedua yang terpenting adalah orang yang mengangkatnya harus banyak.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 31 Maret 2017 pukul 13.15 WITA di lingkungan 2 RT 1, kelurahan Nalu, rumah milik Bapak Haslin.

IMG-20170401-WA0010

Bhabinkamtibmas kelurahan Nalu, Bripka Resky membantu mengumpulkan warga untuk mengangkat rumah tersebut.

Hal yang dibutuhkan dalam suatu kegiatan yang membutuhkan kerjasama adalah pemberi aba-aba, atau pemimpinnya, kali ini Bripka Resky yang memegang tugas tersebut, tugasnya juga adalah mengatur posisi warga di bawah rumah agar seimbang setiap sisinya.

Jika suara dari Bripka Resky saat memberikan aba-aba tidak terdengar oleh warga yang mengangkat di bagian belakang, maka Bripka Resky memukul-mukul papan rumah tersebut tiga kali, dan aba-abanya akan dilanjutkan oleh warga di bagian depan, berturut-turut hingga kedengaran oleh warga yang di belakang.

IMG-20170401-WA0009

Berkat kerja sama itu, rumah milik Bapak Haslin berhasil dipindahkan ke lokasi barunya sejauh 50 meter dari lokasi sebelumnya, saat dikonfirmasi Tribratanews Bripka Resky mengatakan “saya sangat senang dengan saudara-saudara saya, ini menggambarkan kebersamaan warga kelurahan Nalu, ini menggambarkan kami bisa bersama-sama menjaga keamanan di sini”.

Penulis : Hernawan Saputra

Editor : Umi Fadilah

Publish : Syahrul Ashar

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password