IOM Buka Pelatihan kepada Polwan Polda Sumbar Angkatan 2014

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumbar, Tadi pagi para Polisi Wanita (Polwan) lulusan diktuk bintara tahun 2014 melaksanakan pelatihan yang diselenggarakan oleh IOM, Jumat (30/3) pagi di Premiere Basko Hotel Padang.

Pelatihan tersebut merupakan kerjasama polri dengan IOM dalam rangka menghadapi Tindak Pidana Kekerasan Perempuan dan Anak, Penyelundupan Manusia dan Perdagangan Orang, Implementasi Dua Polwan Satu Polsek.

Kegiatan pelatihan tersebut dibuka oleh As SDM Polri yang diwakili oleh Karo Binkar SDM Polri Brigjen Pol Drs. Priyo Widyanto, M.Hum, Chief of Mission IOM Indonesia, Mr. Mark Getchell, dan Kapolda Sumbar yang diwakili oleh Irwasda Polda Sumbar, Kombes Pol Drs. Dody Marsidy, M.Hum.

Pelatihan ini dihadiri oleh pejabat utama Polda Sumbar, beberapa Kapolres, Senior programme coordinator, Mrs. Ida Mae Fernandez, National Programme Officer, Ibu Julianita Natalegawa, narasumber dan peserta dari Polwan Polda Sumbar lulusan Diktuk Bintara Polwan TA 2014.

IMG-20170401-WA0003

Brigjen Pol Drs. Priyo dalam membacakan sambutan As SDM Polri mengatakan bahwa tujuan pelatihan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan polwan guna mendukung implementasi kebijakan pimpinan Polri untuk menempatkan polwan di tiap-tiap Polsek sebagai upaya Polri dalam memberikan pelayanan dalam bentuk perlindungan thdp korban khususnya dalam penanganan kasus pidana yang melibatkan Perempuan dan anak, serta anak yang berhadapan dengan hukum.

Selain itu juga dapat memberikan pelayanan dan penanganan terhadap korban-korban tindak kejahatan penyelundupan manusia, dan trafficking imperson yang juga melibatkan perempuan dan anak-anak sebagai korban.

“Polwan diharapkan mampu menjadi sahabat dapat dan motivator, serta dapat mengurangi beban korban tindak pidana kekerasan perempuan dan anak, serta kejahatan-kejahatan lainnya yang menjadikan perempuan dan anak sebagai korban dalam tindak kejahatan tersebut”, ujar Karo Binkar SSDM Polri.

Melalui pelatihan ini, As SDM Polri mengharapkan agar memberikan output maupun outcome berupa pemahaman, wawasan dan keterampilan yang diperlukan untuk selanjutnya menjadi modal bagi para polwan dan personel Polri pada umumnya dalam melakukan langkah-langkah komprehensif dalam menanggulangi penanganan kasus-kasus Tindak pidana kekerasan terhadap perempuan dan anak.(*).

Penulis : Feri Hardiansyah

Editor : Umi Fadilah

Publish : R. Fauzi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password