Unras di Kendal Jateng : Ratusan Massa Datangi Kejari Tuntut Pembebasan Petani Surokonto Wetan Yang Ditahan

Tribratanews.polri.go.id – Polres Kendal, Warga Surokonto Wetan Kecamatan Pageruyung Kabupaten Kendal, Jawa Tengah yang tergabung dalam Perkumpulan Petani Surokonto Wetan ( PPSW ) melakukan Aksi Solidaritas dan unjuk rasa di Kantor Kejaksaan Negeri Kendal, Jumat (31/3/2017). Mereka protes kepada Kejaksaan atas penahanan Nur Azis dan Sutrisno Rusmin serta menuntut  agar menghentikan prosesnya karena dianggap telah agar melakukan kriminalisasi kepada 3 petani penggarap di Surokonto Wetan.

Massa yang berjumlah sekitar dua ratusan orang tersebut berangkat dari Surokonto Wetan dan tiba di Gor Bahurekso sekitar jam 10.40. Kemudian mereka berjalan kaki menuju Kejari. Sampai di Kantor Kejari massa langsung  masang atribut dan spanduk-spanduk yang berisi ungkapan protes.

IMG-20170331-WA0043

Perwakilan warga yang menyampaikan orasi antara lain menyerukan bahwa apa yang dituduhkan ke warga Surokonto Wetan sampai sekarang tidak ada bukti sama sekali, mereka menuntut Kejaksaan untuk segera membebaskan 3 orang petani yang sudah ditetapkan bersalah oleh Pengadilan, para warga Surokonto tidak pernah mencari dan membuat keributan dan hanya mencari keadilan, warga Surokonto Wetan tidak akan mundur sedikit pun dan akan tetap berjuang untuk membebaskan terdakwa serta warga Surokonto Wetan akan tetap mengawal untuk membebaskan terdakwa yang saat ini sudah ditahan.

Setelah penyampaian orasi kemudian 6 perwakilan warga Surokonto Wetan diterima oleh Kajari Kendal dan mengadakan audiensi di ruangan diversi Kejari Kendal yang diikuti juga oleh pejabat Kejari Kendal dan Polres Kendal.

Untuk mengawal agar jalannya unra tetap tertib dan terkendali, Kapolres Kendal AKBP Firman Darmansyah, SIK memimpin langsung jalannya pengamanan dan menerjunkanx personel  sebanyak 150 orang dari gabungan fungsi dan Jajaran Polsek Pantura  Kendal.

Massa meninggalkan Kantor Kejari Kendal setelah mendapat tanggapan dari Kajari Kendal dan rencananya akan melanjutkan penyampaian aspirasi selanjutnya di Kejati Jateng untuk mendapatkan prnangguhan penahanan terhadap 3 petani yang sebelumnya sudah divonis oleh Pengadilan.

Penulis : Bagus Prakoso

Editor : Umi Fadilah

Publish : Bagus Prakoso

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password