Meningkatkan Keterampilan K-9 Polres Bungo

Tribratanews.Polri.go.id – Polres Bungo, Unit Satwa Sat Sabhara Polres Bungo melaksanakan latihan rutin terhadap Anjing pelacak dengan meningkatkan kemampuan penciuman dalam membantu penanganan tugas Kepolisian, Kamis (31/03/2017).

Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang digemari banyak orang. Ada yang merawatnya di dalam rumah sebagai teman bermain, tetapi ada pula yang memeliharanya di luar rumah untuk berjaga-jaga dari tindak kejahatan. Lantas bagaimana dengan anjing yang bekerja membantu tugas Kepolisisan? Secara langsung kita dapat melihat aktivitas Tim Unit Satwa Sat Sabhara Polres Bungo dalam melatih anjing-anjingnya. Terdapat 2 ekor anjing. Setiap anjing tersebut didampingi oleh seorang pawang tidak lain Polisi itu sendiri.WhatsApp Image 2017-03-30 at 05.58.10

Dua ekor anjing ini  berasal dari negara Belanda, dan jenisnya MELANOIS. Untuk personil sebanyak dua orang yaitu Bripka Jones Sitanggang dan Bripda Branko B. Simatupang. Anjing-anjing ini dikenal dengan kesatuan K-9, anjing ini memiliki keterampilan luar biasa  dan keterampilan khusus dalam melacak Narkoba, bahan Peledak, dan sebagai Pelacak Umum.WhatsApp Image 2017-03-30 at 05.58.05

Saat dikonfirmasi, Kapolres Bungo AKBP Asep Amar Permana, S.IK, MM. melalui Kasat Sabhara AKP Khoirul Effendi mengatakan Personil Unit Satwa ini kita arahkan untuk melaksanakan perawatan secara maximal dan paham akan peran serta tugas masing-masing personil.

“Karena Satwa K-9 tersebut sangat dibutuhkan sekali dalam kegiatan Operasinal Polri seperti melacak narkoba. Caknarkotik sering digunakan Razia Narkoba di tempat-tempat hiburan dan pengembangan kasus narkoba. Sedangkan Cakum digunakan untuk sterilisasi di tempat peribadatan (gereja dan masjid ) pada acara akbar dan juga membantu dalam pengungkapan kasus,” jelas Kasat Sabhara AKP Khoirul Effendi.

Penulis : Satria Amandito

Editor : Umi Fadilah

Publish : Satria Amandito

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password