Surat Cinta untuk Polisi Desa

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Kamtibmas kondusif dapat tercapai menggunakan beberapa pendekatan. Salah satunya adalah pendekatan humanistik dan religi. Pendekatan humanistik artinya upaya Kepolisian yang diambil berkisar pada kepedulian terhadap sesama yang mengedepankan sisi kemanusiaan. Sedangkan pendekatan religi adalah bagaimana upaya Kepolisian merangkul masyarakat berdasarkan pada pemahaman keagamaannya.

Brigadir Dedi Mahendra Sukma, salah satu anggota Polsek Bendungan Polres Trenggalek yang juga Bhabinkamtibmas Desa Surenlor berpendapat, bahwa dua pendekatan tersebut adalah yang paling tepat diterapkan di desa binaannya yang merupakan wilayah pedesaan dengan intensitas kriminal yang terbilang rendah.

“Dengan pendekatan kemanusiaan dan keagamaan mampu menumbuhkan rasa open dan handarbeni sehingga muncul kesadaran dalam diri masyarakat secara sadar berpartisipasi menjaga keamanan lingkungan masing-masing”, ujar Brigadir Dedi.

Sebagai contoh, semalam Brigadir Dedi mengikuti kegiatan yasinan di musholla Baitun Naim Desa Surenlor Kecamatan Bendungan Trenggalek, Kamis (29/03). Sedikitnya 64 warga setempat turut serta dalam acara tersebut. Brigadir Dedi juga mengisi tausiah yang pada intinya mengajak masyarakat kembali memakmurkan masjid sebagaimana fungsinya, memakmurkan salat jamaah, memelihara waktu salatnya, menggunakan untuk majelis ilmu, pusat penumbuhan ekonomi masyarakat, dan masjid sebagai pusat getaran ukhuwah/kerukunan sesama muslim dan antar agama.

Di sesi akhir Brigadir Dedi berkreasi dengan membagikan kertas kosong kepada semua jamaah. Ia meminta agar para jamaah menuliskan kritik, pesan dan pesan atas kinerja dirinya selaku Bhabinkamtibmas Desa Surenlor selama ini.

“Saya tulis diatasnya Surat Cinta Untuk Bhabibkamtibmas”, ujar Brigadir Dedi seraya tertawa.

Brigadir Dedi menuturkan, program penjaringan kritik dan saran ini digunakan untuk mengetahui indeks kepuasan masyarakat terhadap kinerja Bhabinkamtibmas, serta untuk menghimpun sebanyak-banyaknya masukan guna peningkatan pelayanan Bhabinkamtibmas ke depan.

“Kritikan dan saran merupakan bukti cinta yang sebenarnya untuk koreksi, motivasi dan perbaikan kualitas diri”, pungkas Brigadir Dedi.

Penulis : Ady

Editor : Umi Fadilah

Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password