1 Kg Sabu Gagal Diselundupkan Oleh Petugas Polisi Di Pelabuhan Priok

Tribratanews.polri.go.id – Polda Metro Jaya, Jum’at (31/03/2017)

Tiga kurir narkoba jaringan Malaysia – Indonesia berkedok sopir dan kenek truk diringkus Satnarkoba Polres Pelabuhan Tanjung Priok. Dari tersangka A, P dan T petugas menyita 1 kg shabu kristal.

Sabu tersebut dibawa lewat laut dari Malaysia via Pontianak dan turun di Pelabuhan Tanjung Priok menggunakan kapal KM Fajar Bahari 3. “Pelaku A membawa sabu naik truk kemudian naik KM Fajar Bahari 3, agar tidak dicurigai petugas,” kata Wakapolres Pelabuhan Tanjung Priok Kompol M Dafi Bastomi.

Dikatakan, sabu disembunyikan pelaku A di tempat kunci dekat ban disimpan dalam tas hitam. “Kami masih lakukan pengembangan kasus ini, mereka ini jaringan internasional yang melakukan berbagai macam cara untuk bisa menyeludupkan narkotika ke Jakarta,” kata Dafi Bastomi.

Dikatakan, pelaku A mengaku sabu tersebut dititipi oleh seseorang untuk membawanya berlayar dengan rute Malaysia-Pontianak-Jakarta.

“Mereka kami amankan setelah mendapat laporan dari sejumlah pihak adanya truk yang membawa muatan narkoba, dan setelah digeledah benar ditemukan narkotika,” ujar M Dadi Bastomi.

Saat ditangkap di Dermaga 005 Pelabuhan Tanjung Priok, dipimpin Kasat Narkoba, AKP Rian Faozi menemukan satu tas warna hitam berisi lima bungkus shabu-shabu dengan berat satu kilogram di dalam chasis kendaraan Truk Fuso B 9400 UPA.

Penangkapan pelaku A, petugas lalu melakukan pengembangan di kawasan Kebun Sayur Lodan Pademangan, Jakarta Utara. Pasalnya tas berisi shabu tersebut rencananya akan dijemput pelaku P begitu sampai Jakarta.

Pelaku P kemudian diciduk di Jalan Raya Lodan Pademangan. Dan selama perjalanan menunggu sabu, P menginap di hotel di Mangga Besar, Jakarta Pusat.

Pelaku sudah dua kali mengantarkan barang titipan dari seorang pengendali bernama Iwan lewat komunikasi Video Call BBM dan hingga kini masih dalam pengejaran. Sekali mengantar mereka mendapat upah Rp 3,5 juta.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 114 ayat 2 Subsider Pasal 112 ayat 2 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 dengan ancaman 15 tahun penjara.

Penulis : priambodo

Editor : Umi Fadilah

Publish : rimi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password