Kapolres Soppeng Nikmati Keindahan Alam Dipuncak Gunung Batu Gappo

Tribratanews.polri.go.id – Soppeng Sulsel, Keindahan Kabupaten Soppeng dapat dilihat dari puncak gunung Batu Gappo Sewo Kecamatan Lalabata Soppeng.

Hal inilah yang membuat Kapolres Soppeng AKBP Dodied Prasetyo Aji, S.Ik M.H kembali mendaki gunung batu gappo bersama personil Polki dan Polwan pada Jumat pagi 31/3/17.

Puncak Gunung yang hanya bisa diakses dengan jalan kaki ini sudah kesekian kalinya didaki Kapolres Soppeng bersama personel untuk berolahraga sekaligus menikmati keindahan alam.

Sebenarnya Soppeng itu indah hanya saja perlu mendapat sentuhan dari pemerintah, agar bisa menarik pengunjung berdatangan ke Daerah ini,” ungkapnya disela pendakian.

Tiba dipuncak gunung melihat keindahan matahari dipagi hari, Kapolres bersama seluruh anggota yang mengikuti kegiatan selanjutnya melaksanakan kurvey.

Akbp Dodied menambahkan kalau banyak masyarakat Soppeng yang tidak mengetahui betapa Indah Bumi Latemmamala diatas puncak gunung.

Kedepannya potensi wisata yang salah satunya di puncak gunung sewo jika dikelolah dengan baik akan memberi daya tarik untuk masyaralat luar, wisatawan domestik dan asing, serta memberikan tambahan pendapatan bagi masyarakat Kabupaten Soppeng.

“Perlu sentuhan pemerintah di sektor pariwisata agar potensi wisata lebih dijual melalui promosi wisata,” tutupnya.

Mendaki gunung adalah kegiatan yang menarik kombinasi olahraga dan kegiatan rekreasi untuk mendapat tantangan dan bahaya pada lereng dan jurang untuk mendapatkan pemandangan yang indah dari puncaknya walaupun harus melewati kesulitan ataupun memanjat tebing demi tebing untuk bisa sampai tujuan yaitu puncaknya.

Ada banyak alasan mengapa para pendaki menyukai kegiatan ini. Salah satunya adalah dalam olahraga ini menuntut tantangan individu pada kemampuan dan keterampilan yang dimiliki; selain itu juga dituntut kemampuan seorang pendaki dapat menyatu dengan alam..

Yang tidak kalah penting adalah para pendaki gunung juga dituntut kemampuan dalam hal fisik dan mental. Tetapi secara umum tujuan orang – orang yang mendaki gunung adalah menggapai tempat – tempat tertinggi untuk menikmati keindahan dimana tidak setiap orang bisa mendapatkannya. Butuh tenaga dan waktu yang tidak mudah untuk bisa sampai kepuncak.

Walaupun cedera dan kecelakaan atau fisik yang tidak kuat / sakit sering terjadi di gunung, namun kenyataannya kegiatan ini tetap  menyenangkan. Berbagai masalah dapat dihindari melalui persiapan, baik pelatihan dan kondisi fisik yang baik. Juga kemampuan pendaki dalam kelompok pendaki / tim  untuk dapat bekerjasama  mengantisipasi kejadian yang tidak terduga. Selain itu, dalam dunia pendakian gunung ‘pengalaman adalah guru yang terbaik’. Bergabung dengan kelompok – kelompok pendaki serta membaca buku – buku dan artikel gunung juga sangat bermanfaat untuk memulai petualanganbaru.

Mendaki gunung adalah menyelesaikan tantangan dan mengukur kemampuan individu dalam skala yang berbeda. Orang yang mencintai petualangan, olahraga ini akan memberikan rasa antusias dan pemenuhan rasa menaklukkan dunia pada saat tiba di puncaknya. Menyaksikan pemandangan yang indah biasanya adalah hasil dari semuanya.u

Mendaki gunung adalah kegiatan fisik yang sangat baik untuk kesehatan. Ini merupakan bentuk latihan di mana ketika kita menikmati tantangan juga harus mengeluarkan energi yang besar pada saat yang sama. Efek dari olahraga juga akan meningkatkan kekuatan tubuh dan daya tahan.

Mendaki gunung menawarkan eksplorasi keindahan alam. Sebagian besar pecinta kegiatan ini menemukan rasa cinta kepada alam bebas melalui kegiatan ini, Kegiatan ini juga membawa mereka lebih dekat kepada kebebasa dan kehidupan liar. Selain itu, perjalanan kepuncak gunung akan menyajikan keindahan alam yang begitu sempurna

Mendaki gunung mengembangkan beberapa keterampilan dan melatih kita melakukan persiapan menghadapi masalah, memberikan kewaspadaan, kesabaran, kepercayaan diri, dan kerja kelompok. Dalam hal ini kegiatan mendaki gunung dapat dilihat sebagai refleksi dari kehidupan nyata di mana kita harus bekerja keras untuk mencapai tujuan kita. Menekankan disiplin begitu penting sebagai nilai tambah di setiap pendakian.

Mendaki gunung juga merupakan kegiatan untuk membangun persahabatan antara sesama pendaki dan petualang. Pendakian yang menyenangkan adalah sebuah petualangan yang menyenangkan dalam berbagi dan mengikat rasa persahabatan. Kepekaan kebutuhan dalam sebuah kelompok ada akhirnya membentuk sebuah ikatan yang kuat.

Mendaki gunung merupakan bentuk relaksasi. Meskipun kegiatan ini menuntut fisik yang kuat namun akan menjauhkan kita dari rasa bosan terhadap rutinitas kegiatan setiap hari. Lingkungan yang indah dapat menghilangkan stres dari besarnya tanggung jawab pekerjaan kantor dan rutinitas harian. Mendaki gunung biasanya dipakai sebagai alat keluar dari keramaian dan hiruk pikuk kehidupan kota.

Dengan kegiatan mendaki ini banyak manfaat yang bisa diambil, dan saat ini banyak kalangan yang mulai menyukai kegiatan ini mungkin karena hobi atau sekedar mencari pengalaman bagaimana rasanya mendaki gunung. Bila kalian belum pernah mendaki segeralah melakukan kegiatan ini karena ini sangat mengaksyikan.

Penulis : Sumarwan

Editor : Umi Fadilah

Publish: Sumarwan

Admin Polri55931 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password