Polsek Jatilawang Banyumas Mediasi Tuntutan Warga Mengenai Dampak Pengecoran Jalan

Tribratanews.polri.go.id, Polres Banyumas – Dampak dari pengecoran jalan sepanjang 1,9 kilometer di jalan raya Klapagading – Tinggarjaya Jatilawang yang sedang berlangsung membuat bahu jalan menjadi tinggi. Rata-rata ketinggian jalan menjadi 2 meter dari rumah warga sehingga warga kesulitan untuk naik ke jalan.

Hal ini membuat kurang lebih 40 warga setempat berencana akan menggelar aksi damai di jalur jalan raya berkaitan dengan pengecoran jalan raya Kalpagading – Tinggarjaya ini.

Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah SH, S.Ik, M.Hum melalui Kapolsek Jatilawang AKP Sukandar bersama anggota Sabhara, Bhabin, dan Intel menuju desa Tinggarjaya untuk berkordinasi dengan Kepala desa. Kepada Kepala desa Kapolsek menghimbau agar warganya mengurungkan niat mereka untuk menggelar aksi damai di jalan raya, karena hal ini dapat mengganggu arus lalu lintas. Namun lebih baik diselesaikan dengan mediasi di balai desa, Kamis, 30 Maret 2017.

Dalam mediasi di balai desa Tinggarjaya ini, Ngudi yang merupakan perwakilan dari warga membacakan tuntutan masyarakat yang isinya bahwa pihak pemborong PT. Panca Karya Sentosa akan segera mengadakan pengurugan bahu jalan karena membahayakan pengguna jalan, mengganggu aktifitas warga dan perekonomian desa serta bersedia melakukan penyiraman air ke jalan minimal dua belas kali sehari untuk meminimlaisir debu yang berdampak buruk kepada kesehatan.

Tuntuntan tersebut diterima baik oleh pihak PT Panca Karya Sentosa yang di wakili oleh Ratum sebagai pelaksana lapangan.

“Akan saya samapaikan kepada kepala PPK Purnama Ali. Biasanya pengurugan bahu jalan dilaksanakan setelah selesai pengecoran, seperti pada waktu pengecoran jalan di Purbalingga dan Cilacap.” jelas Ratum.

Pernyataan dari perwakilan PT ini dapat diterima baik oleh perwakilan warga dan Kades.

Kapolsek Jatilawang mengapresiasi beberapa pihak dalam menyelesaikan permasalahan yang ada dengan cara mediasi ini.

“Diharapkan jika ada permasalahan kita selesaikan secara kekeluargaan, mediasi seperti ini, jangan main aksi sendiri yang bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain. Terima kasih juga kepada warga Tinggarjaya yang sudah membantu kelancaran lalulintas dengan adanya proyek pengecoran jalan ini,” jelas Kapolsek.

Mediasi yang dihadiri oleh Kapolsek, Kepala desa, warga, perwakilan PT Panca Karya Sentosa dan anggota Satpol PP Kecamatan Jatilawang ini dapat berlangsung tertib dan kondusif.

(Hastomo Humas Polsek Jatilawang/PID Promoter Humas Polres Banyumas)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password