Penerbitan SIM dan Proses Samsat Lebih Mudah Tanpa Calo, Ini yang Dilakukan Polres Karangasem

Tribratanews.polri.go.id, Polda Bali, Polres Karangasem – Berkendara jika tidak membawa kelengkapan surat-surat akan membawa petaka bagi pengendara, terutama SIM dan STNK yang merupakan salah satu surat yang harus dibawa oleh pengendara. Namun yang menjadi momok di masyarakat adalah proses untuk mendapatkan SIM dianggapnya sangat susah dan berbelit. Rangkaian yang sangat rumit dan bahkan harus melalui calo supaya mudah dalam proses membuat SIM. Selain itu juga proses nyamsat di Samsat juga dianggapnya berbelit dan lama sehingga dianggapnya lebih mudah melalui calo.

Namun semua itu adalah bayangan lama dan kini hampir semua pelayanan masyarakat mulai berbenah termasuk pelayanan penerbitan SIM. “pelayanan kami tidak usah melalui calo, tapi dengan datang sendiri dan membawa kelengkapan berkas dan mengikuti prosedur yang sudah ada tentunya malah lebih mudah karena satpas Karangasem dan Samsat Karangasem sudah membenahi dan sudah mendeklarasikan bebas calo” ujar IPTU Aris Setiyanto kanit regident Polres Karangasem (31/3).

IMG-20170330-WA0034

Proses penerbitan SIM maupun samsat akan lebih mudah dengan adanya petunjuk arah dan denah lokasi sehingga lebih mudah bagi pemohon yang datang. Selain itu, masyarakat yang datang akan langsung disambut oleh pemandu pelayanan yang akan selalu memandu masyarakat dengan mengarahkan dan memberi penjelasan kepada masyarakat yang belum mengerti akan prosedurnya. Kenyamanan pemohon adalah prioritas yang diutamakan dalam pelayanan SIM dan Samsat sehingga pemohon dimanjakan dengan fasilitas ruang tunggu yang nyaman dengan diberikan munuman, koran hingga fasilitas Wi-Fi sehingga pemohon tidak merasa jenuh. Terlebih lagi dengan sistem First in First out yang diberlakukan di pelayanan SIM dan samsat memeberikan kenyaman ekstra yaitu dengan sekali masuk mendaftar, menunggu di ruang tunggu yang nyaman hingga semua proses selesai dan masyarakat hanya tinggal mengambil hasil penerbitan SIM dan Samsat. Tidak perlu lagi kesana dan kemari dengan membawa berkas yang akan di proses. “Kami berusaha membuat pemohon tidak bosan dengan memberikan fasilitas yang membuat masyarakat nyaman saat proses penerbitan SIM dan Samsat” ungkap Aris.

 

Dengan kenyamanan yang diberikan kepada pemohon tentunya masyarakat yang akan memproses Samsat maupun SIM tidak akan kebingungan. Berbagai kemudahan yang sudah disulap oleh Polres Karangasem dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat akan merubah pandangan masyarakat selama ini. Seiring dengan perubahan secara infrastruktur, perubahan paradigma petugas juga dirubah dengan tidak melakukan pungutan liar atau praktik percaloan. “Tentunya dengan berbagai kemudahan yang sudah diberikan tidak harus melalui calo lagi, cukup datang dengan membawa kelengkapan berkas dan langsung duduk dan dipanggil, selesai proses deh” tambahnya.

penulis : mas are

Editor : umi fadilah

publish : cytrop Karangasem

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password