Polisi Amankan Rapat Mediasi Penyalahgunaan Dana Anggaran Desa

Tribratanews.jambi.polri.go.id – Polres Tebo, persoalan terhadap pengelolaan Dana anggaran memang menjadi persoalan yang sangat sensitif, baik dikalangan pemerintahan, instansi maupun masyarakat. Terlebih jika pihak pengelola tidak transparasi dalam pengolahan Dana anggaran tersebut.

Kurangnya transparasi dalam pengelolaan Anggaran menadi dasar Permasalahan yang kini sedang di hadapi oleh Desa Aburan Batang Tebo Kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo. Pasalnya warga menuding terhadap Kades Aburan Batang Tebo yang di duga telah melakukan penyalahgunaan / pengalihan Anggaran Dana Desa Tahun 2015.

Dalam rapat tersebut turut hadir Camat Tebo Tengah, Kapolsek Tebo Tengah, Kanit Binmas Tebo Tengah, Kades Aburan Batang Tebo, Ketua BPD Desa Aburan dan para Todat, Tomas, serta masyarakat sebanyak kurang lebih 25 orang.

Dalam rapat mediasi tersebut masyarakat melayangkan beberapa tuntutan kepada Kades Aburan dengan tuntutan Dugaan penyalahgunaan Dana ADD tahun 2015, mengalihkan dana ADD tanpa musyawarah dan dugaan pemalsuan surar tanah dan tanda tangan.

Dari hasil rapat mediasi tersebut melahirkan sejumlah kesepakatan antara masyarakat dengan pihak Desa dalam Hal ini Kades Aburan Batang Tebo. Dimana masyarakat meminta agar kades segera memberhentikan Sekdesnya yang diduga menyalahgunakan jabatan sekdes untuk keuntungan sepihak yang sangat merugikan masyarakat, agar Kades mengaudit penggunaan dana DD dan ADD tahun 2015, masyarakat juga meminta agar Kades menyampaikan laporan penggunaan anggaran DD dan ADD kepada BPD sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kanit Binmas Polsek Tebo Tengah Aiptu Agus Susanto membenarkan adanya rapat mediasi tersebut. “Selain menghadiri dan mengamankan kami juga menyarankan agar permasalahan ini dapat terselesaikan secara kekeluargaan tanpa harus melambung ke ranah hukum. Dan kami juga menghimbau agar masyarakat tetap tertib dan dapat menyelesaikan permasalahn tersebut dengan kepala dingin agar tidak menimbulka permasalahan lain seperti pelanggaran hukum lainya yang dapat merugikan masyarakat itu sendiri”, ujar Aiptu Agus Susanto.

Penulis : Dian SM
Editor   : Umi Fadilah
Publish : Dian SM

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password