Lindugi Halmahera, Polda Maluku Utara Intens Kawal Pelabuhan Tikus

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara terus melakukan pengawasan di seluruh pulau Halmahera pasca beredarnya informasi kalau halmahera akan menjadi salah satu tempat pelatihan teroris.

Kabid Humas Polda Malut, AKBP Hendry Badar mengatakan, Sejauh ini kita belum menemukan indikasi yang mengarah kalau pulau halmahera dijadikan sebagai pusat pelatihan teroris itu,

“Dalam dua minggu terkahir ini, kita sudah menerima penyerahan senjata-senjata rakitan sebanyak tiga pucuk dari masyarakat di Halmahera baik itu di Malifut, Weda mapun Patani,” ungkap Kabid Humas Polda Malut AKBP Hendry Badar. Kamis, 30/3/17.

Menskipun demikian, menurut AKBP Hendry Badar seluruh daratan Halmahera menjadi prioritas dari Polda Maluku Utara dalam penyelidikan dan deteksi apakah ada indikasi latihan terorisme, dan sejauh ini masih belum kita temukan.

“Kita selalu berkoordinasi sama-sama dengan Badan Intelejen Negara (BIN) Daerah Malut maupun TNI (Korem 152/Babullah) untuk mengantisipasi hal-hal yang sifatnya belum bisa terdeteksid engan masyarakat sudah kita deteksi lebih dulu,” akunya.

Disentil terkait dengan banyaknya pelabuhan tikus di Malut sebagaimana yang disampaikan Danrem 152/Babullah, AKBP Hendry Badar menyampaikan, Halmahera memang sangat luas dan banyak juga pintu masuk yang resmi maupun tidak resmi, untuk itu semua anggota di perairan akan selalu memantau setiap pergerakan di laut.

“Polair sudah kami siagakan juga terutama yang berada di pos-pos Halmahera, dan ini tentunya kita tidak bisa bekerja sendiri tapi kita bekerja sama dengan Stake Holder terkait lainya,” ucapnya lagi.

Atas nama Kapolda Malut, Brigjen Pol Drs. Tugas Dwi Apriyanto S.H.,M.M, AKBP Hendry Badar menghimbau kepada masyarakat kalau masih ada senjata-senjata rakitan, bom buatan maupun hal-hal yang dapat membahayakan keselamatan dia agar segera menghubungi petugas untuk mengambilnya.

“Tetap kita himbau kepada seluruh masyarakat, apabila melihat atau mendengar bahkan mengalami langsung tanda-tanda orang yang mencurigakan dan melakukan hal-hal yang berinteraksi satu dengan yang lain yang patut dicurigai agar segera melaporkan pada aparat terdekat baik itu TNI maupun polsek yang terdekat,” harap AKBP Hendry Badar

 

 

Penulis       : Humas Polda Maluku Utara

Fotografer  : Humas Polda Maluku Utara

Editor         : Umi Fadilah

Publish       : Mandala Putra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password