Brigjen Pol Fakhrizal buka Pelatihan Komunikasi Efektif Kerjasama POLRI dengan IOM

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumbar, Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat, Brigjen Pol Drs. Fakhrizal, M.Hum membuka kegiatan Sosialisasi peningkatan kemampuan personel Baharkam Polri dibidang komunikasi efektif dalam memelihara kemanan dan ketertiban di wilayah Negara Republik Indonesia bertempat di Premiere Basko Hotel, Kamis (30/3) pagi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kabaharkam Polri diwakili Karobinopsnal Baharkam Polri, Brigjen Pol Drs. Eddy S. Tambunan, M.SI, Chief of mission IOM Indonesia, Mr. Mark Getchell, Senior Programme Coordinator, Mrs. Ida Mae Fernandes, National Programme Officer Ibu Julianita Natalegawa, Pejabat Utama Polda Sumbar, perwakilan Kapolres, narasumber dan peserta sosialisasi yang terdiri dari personel Sabhara, Binmas, Ditpolair, Pamobvit, Satwa ditambah Fungsi Intel dan Reskrim dari tingkat Polda dan Polres jajaran Polda Sumbar sebanyak 100 personel.

iom2

Dalam sambutan awal, Kapolda Sumbar mengucapkan selamat datang kepada Karo Binopsnal Baharkam Polri dan rombongan, dan juga kepada Chief of Mission IOM, Senior Programme Coordinator IOM, National Programme Officer IOM, serta para trainner program pelatihan ini.

“Terima kasih telah berkenan meluangkan waktunya hadir bersama kami di Provinsi Sumatera Barat di“Padang Kota Tercinta”. Semoga dengan kehadiran bapak dan ibu saat ini dapat membawa kemajuan organisasi, khususnya bagi Polda Sumatera Barat”, ucap Brigjen Pol Fakhrizal.

Tugas sebagai aparat negara penegak hukum memang bukanlah hal yang mudah untuk kita laksanakan, karena selain dituntut Profesionalisme kita juga dituntut untuk konsisten didalam memberantas segala bentuk kejahatan, sehingga kita dapat menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat. Sebagaimana tugas pokok POLRI yang diamanatkan oleh Undang-undang yaitu memelihara Kamtibmas, menegakkan hukum, sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

iom

Terkait hal tersebut, saat ini Polri telah berupaya melakukan upaya meningkatkan pelayanan personil jajaran Baharkam khususnya pengemban Fungsi Binmas, Sabhara, Pamobvit dan Polair terhadap permasalahan-permasalahan dalam masyarakat, yakni dengan menempatkan personil Polri (Bhabinkamtibmas) satu Nagari / Desa satu Polisi, Binmas Perairan, pembinaan komunitas dan kelompok masyarakat lainnya. “Kemitraan antara POLRI dengan masyarakat dapat terwujud jika setiap anggota POLRI mampu membangun interaksi yang harmonis dengan masyarakat”, terang Kapolda Sumbar.

Kemitraan antara Polri dengan masyarakat  dapat terwujud jika setiap anggota Polri mampu membangun hubungan yang harmonis dengan masyarakatdan kemampuan membangun hubungan tersebut tidak terlepas dari peranan penggunaan komunikasi Interpersonal yang efektif.

“Dengan adanya program bantuan pelatihan dari IOM ini, diharapkan nantinya dapat meningkatkan kemampuan personel Polda Sumbar khususnya dalam bidang komunikasi efektif sehingga menjadi bekal dalam pelaksanaan tugas selanjutnya. Hal tersebut juga menjadi modal penting dalam melakukan langkah-langkah komprehensif penanganan kasus Tindak Pidana Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak, PEOPLE SMUGGLING serta TRAFFICKING IN PERSON khususnya di wilayah hukum Polda Sumatera Barat”, tutup Brigjen Pol Fakhrizal diakhir sambutannya. (*).

 

Penulis : Feri Hardiansyah
Editor : Umi Fadilah
Publish : R. Fauzi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password