Peran Itwasda Penting Sebagai Fungsi Pengawasan dalam Mendukung Pelaksanaan Tupoksi Polri yang Promoter

IMG_5421

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Jajaran Inspektorat Pengawas Daerah (Itwasda) Polda Sulut, Kamis pagi (30/3/2017) menggelar Rapat Kerja Pengawasan Itwasda Polda Sulut Tahun Anggaran 2017, di ruang Tomohon-Tondano Hotel Ibis Manado.

Irwasda Polda Sulut Kombes Pol Drs. Hotman Simatupang, SH menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan sarana untuk mensosialisasikan kebijakan pimpinan Polri dan Kapolda Sulut dalam manajemen operasianal, Sumber Daya Manusia Polri, anggaran keuangan dan logistik, dalam rangka meningkatkan peran Aparat Pengawasan Intern Polri (APIP), serta menyamakan persepsi APIP baik ditingkat Polda maupun di tingkat Polres.

Tema yang diangkat dalam acara tersebut yaitu Optimalisasi Fungsi Pengawasan dalam Mendukung Pelaksanaan Tupoksi Polri yang Promoter. Tema ini diangkat karena merupakan salah satu program prioritas Kapolri.

Dalam sambutan pembukaannya, Kapolda Sulut Irjen Pol Drs. Bambang Waskito menegaskan agar terus meningkatkan kompetensi APIP di Polda Sulut. “Ciptakan sinergitas antara pengawas internal Polri dan eksternal serta tingkatkan hasil pengawasan untuk mendorong terwujudnya Polri yang profesional, modern dan terpercaya dalam rangka menuju clean governance dan good governance,” tegas Kapolda.

IMG_5409

Peran Itwasda menurut Kapolda sangat penting sebagai penjamin kualitas konsultan, dan mengawal pencapaian tujuan Polri dalam rencana strategi Polri dan Gran Strategi Polri.

Menurutnya, berbagai pencapaian keberhasilan Polda Sulut tak lepas dari kesuksesan fungsi inspektorat dalam melakukan pengawasan internal Polri yang harus dipertahankan dan ditingkatkan.

Banyak penghargaan dan prestasi yang dicapai Polda Sulut diantaranya penilaian dalam 5 tahun berturut-turut mulai dari 2010 sampai 2013 mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sedangkan 2014 dan 2015 mendapatkan Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI.

Hasil evaluasi akuntabilitas kinerja Polri dari kemenpan RB setiap tahun mengalami peningkatan, untuk tahun 2015, Polri mendapatkan nilai sebesar 68,04 dengan kategori B atau Baik.

Penghargaan juga berasal dari Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI tahun 2016 terhadap 5 kementerian dan lembaga, yang mengelola keuangan dengan baik dengan pagu diatas 10 triliun, Polri berada di urutan ketiga dibawah Kementerian Hukum dan Ham serta Kementerian Keuangan.

“Secara umum capaian kinerja Polri saat ini sudah baik, keberhasilan ini tidak lepas dari kesungguhan dan dedikasi yang tinggi dari seluruh Kasatker serta kerja keras seluruh personil Polri,” kata Kapolda.

Beliau berharap kepada seluruh Kasatker agar berdayakan seluruh Perwira Pemeriksa dan Auditor Itwasda. “Apabila terdapat kendala tugas di masing-masing satker, konsultasikan atau mintakan asistensi di bidang tugasnya sehingga nantinya tidak terjadi temuan wasrik internal maupun eksternal,” ujarnya.

Lanjutnya, setiap satker harus terus menerus berupaya melaukan perbaikan dalam rangka mewujudkan tercapainya visi, misi, tujuan dan sasaran strategis Polri, khususnya di Polda Sulut.

Beliau juga minta untuk melaksanakan kerja sama sinergis lintas fungsi dan lintas sektoral bersama institusi pemerintah, APIP serta pengawas eksternal independen dalam rangka mewujudkan transparansi akuntabilitas Polri. “Kelola dan temukan sulusi terbaik dalam menghadapi pengaduan masyarakat serta masukan dari pengamat dan pengawas eksternal Polri,” katanya.

Kegiatan rapat kerja diikuti oleh kurang lebih 120 peserta terdiri dari para Wakapolres/ta jajaran, Parik dan Auditor, Kasubag Renmin Polda, para Kabag Sumda dan Kasiwas Polres/ta jajaran. Sedangkan para narasumber terdiri dari Kepala Perwakilan BPKP Sulut, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sulut, Kepala Kantor Direktorat Perbendaharaan Negara, Karo SDM Polda Sulut dan Kabid Propam Polda Sulut.

Penulis: Pri
Editor: Umi Fadillah
Publish: Pri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password